Pantau Flash
PSSI Resmi Hentikan Liga1 dan Liga 2 Musim 2020 Tanpa Juara dan Degradasi
Terima Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia, Bamsoet Dorong Kerja Sama Pengadaan Vaksin Covid-19
Erick Thohir Sebut Vaksin Mandiri Akan Dilakukan Setelah 1-2 Bulan Vaksin Gratis Diberikan
Muhammadiyah Komitmen Dorong Ekonomi Pancasila
Tatanen di Bale Atikan Proyeksi Tata Kelola Kemandirian Pangan di Purwakarta

Ini Lho 4 Vitamin dan Mineral yang Paling Dibutuhkan Ibu Hamil

Ini Lho 4 Vitamin dan Mineral yang Paling Dibutuhkan Ibu Hamil Ilustrasi Kehamilan. (Foto: ThinkStock)

Pantau.com - Konsumsi makanan sehat dan beragam adalah cara terbaik mendapatkan vitamin dan mineral yang diperlukan janin pada masa kehamilan.

Suplemen dan vitamin tambahan juga bisa menjadi solusi mencegah risiko tubuh kekurangan nutrisi.

Ada beberapa kandungan terpenting yang paling diperlukan oleh ibu hamil dari suplemen kehamilan diantaranya asam folat, vitamin D, kalsium dan zat besi.

1. Asam Folat

Asam folat diperlukan untuk mencegah terjadinya neural tube defect  (NTD), yaitu cacat pada sistem saraf bayi. NTD biasanya mulai berkembang pada 28 hari pertama setelah pembuahan.

Pada masa itu, kebanyakan perempuan bahkan belum menyadari bahwa mereka hamil. Oleh karena itu perempuan yang sedang menjalani program kehamilan, disarankan mengonsumsi 400 -800 mikrogram asam folat setiap hari sampai kehamilan mencapai usia 3 bulan.

Asam folat alami dari makanan seperti sayuran hijau, sereal atau gandum, kacang-kacangan, dan jeruk. Namun suplemen kerap tetap diberikan karena asam folat dalam bentuk suplemen atau tablet lebih mudah diserap tubuh.

Baca Juga: Ingin Punya Kulit Sehat? Coba Deh Konsumsi 5 Buah Ini

2. Vitamin D

Ibu hamil atau ibu menyusui disarankan mengonsumsi 10 mikrogram vitamin D. Kekurangan vitamin D membuat anak-anak rentan untuk mengalami pertumbuhan tulang yang abnormal.

Vitamin D secara alami bisa didapat dari ikan seperti salmon dan sarden, telur, dan daging. Berjemur di bawah sinar matahari juga merupakan sumber vitamin D terbaik bagi tubuh.

Baca Juga: Anak Tak Suka Konsumsi Sayur dan Buah? Jangan Dibiarkan Bisa Obesitas!

3. Kalsium

Sementara itu ibu hamil dan menyusui membutuhkan 1.000 mg kalsium tiap hari untuk pembentukan tulang pada janin.

Kalsium dapat ditemukan di makanan seperti tahu, tempe, kacang merah, susu kedelai, susu, keju, yoghurt, sayuran berdaun hijau, sarden, salmon, dan kacang-kacangan.

4. Zat Besi

Zat besi dibutuhkan untuk membentuk sel-sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh dan juga kepada bayi. Kekurangan zat besi akan menimbulkan anemia yang bisa membuat ibu hamil terus-menerus merasa lelah, pusing, lemah, dan pucat.

Selain itu, zat besi sebagai asupan nutrisi ibu hamil juga sangat penting bagi pertumbuhan janin. Kekurangan zat besi pada masa kehamilan membuat risiko bayi menderita anemia setelah lahir lebih tinggi. Kondisi ini juga meningkatkan risiko bayi untuk lahir prematur dan lahir dengan berat badan rendah.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - ANU

Berita Terkait: