Pantau Flash
Cuaca Tak Menentu, Pemkab Bogor Larang Korban Banjir Bandang Puncak Pulang
Antam Klaim Tak Bersalah Soal Transaksi Emas di Surabaya dan Akan Banding
Eksportir Sambut Positif Dukungan Kuat Pemerintah untuk Sarang Burung Walet
Persib Akan Perpanjang Kontrak Pemain yang Habis pada Februari
Kasus Positif Virus Korona di RI Bertambah 10.365, Total Jadi 927.380 Orang

Ini Penyebab Mulut Kering dan Cara Mengatasinya

Ini Penyebab Mulut Kering dan Cara Mengatasinya Ilustrasi Mulut Kering. (Foto: Ist)

Pantau.com - Untuk melawan mulut kering, kamu harus memastikan konsumsi air harian dengan cukup, karena mulut kering adalah gejala umum dari dehidrasi, kata asisten profesor kedokteran dari Sekolah Kedokteran Universitas New York Roshini Rajapaksa.

Rajapaksa mengatakan, selain kurang cairan, sejumlah obat seperti penghilang rasa sakit, obat diabetes dan dekongestan, antidepresan dan relaksan otot juga menjadi penyebab mulut kering.

Baca Juga: Sering Mengalami Sakit Punggung? Bisa Jadi Karena 5 Hal Ini

Keluhan yang menganggu itu juga bisa menjadi tanda bahwa kamu mengalami sindrom Sjogren, penyakit autoimun yang menyerang kelenjar kelembaban tubuh, gula darah tinggi, atau diabetes. Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, mulut kering mungkin menandakan kerusakan saraf pada kepala atau leher.

Bila mengalami mulut kering, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis untuk menghindari masalah-masalah kesehatan yang lebih serius. Mulut kering diketahui bisa mengakibatkan luka, infeksi jamur pada mulut, penyakit gusi atau kerusakan gigi.

Baca Juga: Segudang Manfaat Susu Keledai, Penambah Energi hingga Turunkan Berat Badan

Beberapa studi menyarankan, bagi kamu yang ingin terhindar dari penyakit mulut bisa segera konsultasikan pada dokter gigi tentang pasta gigi atau obat kumur yang cocok yang bisa mengurangi gejala mulut kering.

Tim Pantau
Editor
Kontributor - ANU
Penulis
Kontributor - ANU

Berita Terkait: