Ini Resep Ramuan Herbal Pengganti Sirup Obat Batuk! Ada Bawang dan Jahe

Headline
Tanaman herbal (Foto: Pantau.com/Amin H. Al Bakki)Tanaman herbal (Foto: Pantau.com/Amin H. Al Bakki)

Pantau – Bawang merah maupun bawang putih juga kaya khasiat. Termasuk untuk pengobatan. Bila dipadukan dengan beberapa bahan herbal lain, seperti jeruk nipis, madu dan jahe bisa dipakai untuk pengobatan herbal si kecil maupun orang dewasa.

DR (cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si., salah satu ahli herbal mengungkap bawang bukan sekadar bumbu yang melezatkan masakan. Bawang juga suatu herbal yang bermanfaat untuk Kesehatan.

“Di antaranya bawang merah ini bersifat menguatkan imunitas atau meningkatkan daya tahan tubuh, baik itu daya tahan tubuh anak-anak, orang dewasa maupun lansia,” kata dr. Inggrid, dikutip dari Youtube Dokter Herbal Tv, Kamis (17/11/2022).

“Bawang juga ternyata merupakan herbal yang bisa membantu mengurangi keluhan-keluhan infeksi saluran pernapasan ataupun keluhan-keluhan di seputar saluran pernapasan kita,” terangnnya.

Dokter Inggrid menyatakan, bawang merah juga mampu membantu mengatasi keluhan pilek, batuk dan meriang ataupun demam. Bahkan, ini sudah sesuai dengan press rilis dari Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia atau PD POTJI.

Menurut Inggrid, para orang tua bisa memanfaatkan sejumlah bahan alami, termasuk bawang. Contohnya bawang merah atau bawang putih yang sehari-hari ada di dapur dan bisa diolah bersama jahe, jeruk nipis, dan madu. Kelima bahan dasar itu dibuat dalam bentuk sirup.

Nah, untuk membuatnya ternyata mudah. Berikut bahan, cara membuat sirup herbal untuk batuk dan demam, lengkap dosis pemakaiannya:

Bahan-bahan:

30 ml madu murni

1 siung bawang merah, dicincang halus

1 siung bawang putih, dicincang hapus

10 gram jahe sehat, dicincang halus

½ buah jeruk nipis, diperas

Cara membuat:

1. Masukkan cincangan bawang merah, bawang putih,  dan jahe ke dalam botol yang berisi madu, lalu peras jeruk nipis langsung dimasukkan ke dalam botol madu tadi.

2. Tutup botolnya, kemudian botol dikocok atau diguncangkan

3. Diamkan dalam suhu kamr selama 8 jam, sehingga didapatkan sirup dengan konsistensi encer.

4. Saring,tuang ke dalam botol obat yang bersih dan kering.

5. Siap dikonsumsi dengan takaran: 1 sendok teh (5 ml) sekali minum).

6. Simpan di dalam kulkas dan habiskan dalam waktu 2-3 hari.

Dosis:

– Untuk anak batu-pilek, meriang atau demam: 3 kali 5 ml (sendok teh), bisa sebelum atau sesudah makan.

– Untuk anak sehat: 1 kali 5 mlm (sendok teh), bisa sebelum atau sesudah makan.

Tim Pantau
Editor
Annisa Indri Lestari