Pantau Flash
Jakarta Pagi Cerah Berawan, Waspada Hujan Petir Sore Hingga Malam Hari
Mahfud Klaim Pemerintah Tak Berencana Bebaskan Napi Koruptor Gegara Korona
Zona Merah COVID-19 di Kabupaten Bogor Kini Merambah Jonggol
Asisten Pelatih Timnas Indonesia Positif Virus Korona
Yasonna Bantah Sengaja Ingin Bebaskan Napi Koruptor

Ini Usia Paling Membahagiakan dalam Kehidupan Manusia

Ini Usia Paling Membahagiakan dalam Kehidupan Manusia Ilustrasi Bahagia. (bigstock)

Pantau.com - Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Centre for Economic Performance di London School of Economics menyebutkan usia paling membahagiakan dalam kehidupan manusia, secara statistik, adalah 23 dan 69 tahun.

Berdasarkan data dari 23.161 orang usia 17 dan 85 yang ditanyai mengenai kepuasan hidup dan harapan atas kepuasan hidup di masa depan, para peneliti menyimpulkan kebahagiaan hidup memuncak di usia 23 dan 69, namun mengalami sedikit penurunan pada usia pertengahan 50-an.

Baca Juga: Jaga Kesehatan Mental Dengan Rajin Konsumsi Buah dan Sayur

Semua itu disebabkan oleh ekspektasi. Orang-orang yang baru menginjak dewasa (usia 20-an awal atau young adults) biasanya sangat optimistis tentang masa depan mereka, sementara mereka yang berusia 69 cenderung meremehkan hal-hal yang akan datang, jadi mereka puas dengan apa yang mereka sudah miliki.

Adapun mengalami fase penurunan pada usia 50-an, para peneliti memprediksi bahwa kesedihan mereka disebabkan penyesalan karena tidak mampu mencapai semua yang mereka harapkan ketika sudah mencapai usia tersebut.

Satu alasan kenapa generasi muda begitu bersemangat melihat masa depan adalah karena mereka mungkin belum menyadari betapa cepatnya mereka beradaptasi pada hal-hal seperti perubahan pendapatan.

Baca Juga: Mata Tegang Akibat Layar Gadget? Kamu Perlu Jajal 5 Tips Ini

Oleh karenanya, bias usia bisa jadi disebabkan generasi muda yang berekspektasi terlalu banyak dari jumlah pendapatan yang belum diterima, sementara generasi tua yang menghadapi pengurangan pendapatan malah berperilaku sebaliknya.

Berdasarkan data yang diperoleh, tingkat keakuratan atas prediksi tersebut secara kasar cocok dengan profil pendapatan rata-rata yang meningkat selama masa dewasa muda dan menurun setelah usia 50.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - ANU