Pantau Flash
Bima Arya Tegaskan Bus Bantuan di Stasiun Bogor Hanya Sementara
China Keluarkan Aturan Baru, Asian Beach Games Terancam Mundur
Survei Elektabilitas Parpol: PDIP Teratas, PSI dan Nasdem Alami Kenaikan
Polisi Periksa 20 Saksi Terkait Tewasnya Editor Metro TV
Innalillahi, Pengisi Suara Doraemon Meninggal Dunia

Jadi Ibu Kota Baru, Ini Deretan Destinasi Wisata Unggulan Penajam dan Kutai

Jadi Ibu Kota Baru, Ini Deretan Destinasi Wisata Unggulan Penajam dan Kutai Festival Layang-Layang di Pantai Corong (Foto: Hello Borneo)

Pantau.com - Presiden RI Joko Widodo sudah mengumumkan secara resmi terkait wilayah paling ideal untuk dijadikan ibu kota baru. Jokowi pada siang (26/8/2019) secara resmi memilih Provinsi Kalimantam Timur tepatnya di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara sebagai ibu kota baru.

Namun taukah kamu jika kedua kabupaten tersebut menyimpan beberapa pesona wisata yang wajid banget kamu kunjungi dan wajib banget masuk ke dalam list destinasi wisata kalian-kalian guys.

Berikut Pantau.com sudah merangkum dari berbagai sumber sejumlah destinasi wisata unggulan yang ada di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara.

1. Pantai Corong (Penajam Paser Utara)


Pantai Corong (Foto: Hello Borneo)

Pantai Corong ini wajid kamu kunjungi ketika kamu melancomng ke Kabupaten Penajam Paser Utara. Pantai ini sendiri terletak di Kelurahan Tanjung Tengah, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Alasan wajib dikunjungi, selain karena keindahan pantainya, pantai ini juga kerap kali dijadikan venue acara-acara menarik. Salah satu yang paling menarik yakni acara festival layang-layang bertaraf internasional.

2. Tenggarong (Kutai Kartanegara)


Tenggarong (Foto: Airy)

Usai dari Pantai Corong, buat kamu yang memilih liburan di Kaltim jangan lupa mampir ke Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara. Paslnya di sana kamu dapat mengunjungi wisata budaya mengunjungi obyek wisata Museum Mulawarman, situs makam raja-raja, dan merasakan langsung pengalaman menjadi Suku Dayak di Pulau Kumala. Tak hanya itu, kalian juga bisa mengunjungi rumah-rumah adat yang masih dijaga asri disana.

3. Air Terjun Tembinus (Penajam Paser Utara)


Air Terjun Tembinus (Foto: Visit Kaltim)

Kabupaten Penajam Paser Utara ini ternyata memiliki keindahan tersembunyi lho guys. Hal itu dibuktikan dengan adanya obyek wisata yang masih asri yakni Air Terjum Tembinus. Air Terjun Tembinus ini sendiri ada di Kelurahan Maridan, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Ini cocok dan wajib banget masuk ke dalam list destinasai wisata kamu jika berkunjung ke Penajam Paser Utara.

4. Sungai Mahakam (Kutai Kartanegara)


Sungai Mahakam (Foto: Kompasiana)

Sungai ini wajib banget kamu kunjungi pasalnya sungai ini menjadi habitat hewan asli Provinsi Kalimantam Timur yakni Pesut Mahakam. Pesut Mahakam sendiri merupakan mamalia yang jenisnya persis sekali dengan lumba-lumba di lautan. Hanya saja kini pesut tersebut dinilai terancam punah, tapi jika kamu beruntung kamu masih bisa melihat spesies ini kok di Sungai Mahakam.

5. Pulau Gusung (Penajam Paser Utara)


Pulau Gusung (Foto: Tempat wisata Indonesia)

Jika kamu ingin memanjakan jiwa dan raga kamu dengan berkunjung ke Pantai, mungkin Pulau Gusung menjadi salah satu pilihan terbaik untuk destinasi wisata kamu. Pasalnya Wilayah Pulau Gusung memiliki biota laut yang masih bagus dan terjaga kondisinya. Tak hanya itu keindahan bawah laut Pulau Gusung juga menjadi tujuan para pecinta diving.

Pulau Gusung bisa ditempuh menggunakan speedboat dengan waktu tempuh sekitar 30 menit dan jika menggunakan perahu kayu atau kelotok memakan waktu sekitar satu jam dari dermaga Pantai Jumlai. 

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty

Berita Terkait: