Pantau Flash
Sri Mulyani Usul Minuman Manis dalam Kemasan Jadi Objek Cukai
Wabah Virus Korona Dongkrak Harga Emas ke Level Tertinggi
Ketua DPRD Sebut Surat Anies Baswedan Soal Formula E Ilegal
Freeport Keluarkan Kocek 600 Juta Dolar AS untuk Bangun Smelter
Victoria Keluarkan Peringatan Berhati-hati Terhadap WNI Terkait Korona

Jadi Ibu Kota Indonesia, Ini Mitos Paling Melegenda di Kalimantan

Jadi Ibu Kota Indonesia, Ini Mitos Paling Melegenda di Kalimantan Ilustrasi peta Indonesia (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Wilayah Kaliman Timur di Provinsi Kalimantan akan menjadi Ibu Kota Indonesia yang baru. Hal itu disampaikan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Senin 26 Agustus 2019 lalu.

Wilayah Penajem Paser Utara dan sebagaian Kutai Kertanegara dianggap paling ideal untuk melanjutkan perkembangan Tanah Air setelah Jakarta. Kalimantan dianggap kaya akan segala sumber daya alam.

Mitos Paling Melegenda di Kalimantan

Namun, Kalimantan juga penuh dengan mitos-mitos besar lho guys. Ada yang tahu nggak?

1. Kutukan Pohon Ulin

Pohon Ulin. (Foto: wikipedia)

Pohon Ulin terhampar luas di Kalimantan, khususnya Kalimantan Tengah. Ulin merupakan adat masyarakat Mungku Baru, yang berada di seberang Kabupaten Gunung Mas. Pohon Ulin pun menjadi cerita rakyat di sana.

Baca juga: Bunga Wijaya Kusuma

Konon katanya, mitos pohon ulin telah menjadi legenda. Dikatakan, siapa saja yang menebang pohon ulin maka akan mendapatkan kesialan, bahkan hal buruk yang juga bisa menimpa keluarganya.

2. Masyarakat Tidung


Rumah adat Tidung. (Foto: wikipedia)

Mitos yang dihadirkan masyarakat Tidung di Kalimantan Utara ini masih berhubungan dengan dunia klenik. Memang tak kasat mata, namun kuat untuk menjadi legenda di sana. 

Kaum yang menguasai pesisir Utara Kalimantan hingga berbatasan dengan Sabah ini mempercayai sosok mengerikan bernama Siad. Ia adalah mitos yang diyakini sering mengganggu anak-anak jika keluar rumah saat mendung atau hujan turun.

3. Bukit Soeharto


Bukit Soeharto. (Foto: wikipedia)

Wilayah Bukit Soeharto adalah sedikit bagian yang akan menjadi kawasan Ibu Kota Indonesia yang baru. Namun, lokasi seluas 41.050 ha memiliki mitos yang masih menjadi misteri.

Baca juga: Kejatuhan Cicak

Disebutkan, terdapat hantu romusha yang menjaga kawasan tersebut. Bahkan, menurut keterangan saksi, kengerian hantu itu bahkan ingin membuat pengunjung Bukit Sieharto hilang dari dunia nyata.

4. Gadis Dayak


Gadis Dayak. (Foto: wikipedia)

Gadis Dayak memang sangat menarik dan cantik. Dengan kulit putih, mereka memang layak jadi perhatian. Tapi harus hati-hati dengan mereka. 

Baca juga: Arti Kedutan

Konon, siapa saja lelaki yang mempermainkannya, maka alat vitalnya akan hilang. Kendati terdengar sangat tidak mungkin, namun cerita bicara lain dan turun menurun menjadi kepercayaan masyarakat.

5. Ular Raksasa Dicap Naga


Ular raksasa. (Foto: Pixabay)

Masyarakat Kalimantan mempercayai terdapat ular yang sangat besar seperti naga di pedalaman hutan. 

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta
Category
Ragam

Berita Terkait: