Pantau Flash
Asap Tebal Selimuti Gedung DPR RI
Melonjak Rp5.000, Harga Emas Antam Cetak Rekor Tertinggi
Bappenas dan Denmark Kolaborasi dalam Pengembangan Ekonomi Sirkular
Quartararo Tercepat di Hari Kedua Uji Coba Qatar
Ji Xinping: Perjuangan China Hadapi Korona Masih pada Tahap Genting

Jangan Coba-coba, 5 Makanan Ini Bisa Jadi Racun Jika Dipanaskan

Jangan Coba-coba, 5 Makanan Ini Bisa Jadi Racun Jika Dipanaskan Ilustrasi telur. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Menghangatkan makanan kembali rasanya sudah menjadi kebiasan yang umum di Indonesia. Selain karena efektif, makanan sisa dengan kondisi yang sudah dingin tak akan menggugah selera. 

Namun, tidak semua makanan bisa dihangatkan dan dimakan kembali. Sejumlah makanan justru jika dipanaskan akan menghilangkan kandungan zar vitamin atau proteinnya. Bahkan ada beberapa makanan yang bisa menjadi racun.

Baca juga: Apakah Telur Bisa Menjadi Penyebab Terjadinya Kolesterol?

Apa saja makanan yang dihangatkan bisa menjadi racun?

1. Ayam

Ilustrasi sup ayam. (Foto: Pixabay)

Sangat berbahaya jika menghatkan kembali masakan ayam setalah satu atau dua hari. Karena ayam dengan kandungan proteinnya yang tinggi bisa menyebabkan beberapa masalah pencernaan. 

Ketika daging ayam dimasak kembali atau dipanaskan, komposisi protein yang dikandungnya akan berubah. Sebaiknya masak ayam dengan salad beku atau roti lapis jika Anda ingin makan ayam yang aman dipanaskan kembali.

2. Bayam

Ilustrasi bayam. (Foto: Pixabay)

Bayam merupakan jenis sayuran yang banyak mengandung zat besi, kaya vitamin, mineral dan serat tinggi. Itulah sebabnya sayur ini akan tampak berwarna kehitaman setelah beberapa jam dimasak.

Bayam, seperti beberapa sayuran berwarna hijau lainnya, banyak mengandung zat besi dan nitrat. Jika dipanaskan kembali, nitrat ini akan berubah menjadi nitrit dan zat karsinogenik yang memicu penyebab kanker lainnya.

3. Telur

Ilustrasi telur. (Foto: Pixabay)

Telur merupakan sumber protein yang memiliki banyak nutrisi baik untuk tubuh Mulai dari vitamin A, kalsium, Vitamin B6 dan B12, fosfor dan tentunya protein dengan kadar yang tinggi. Memanaskan telur dalam temperatur yang tinggi bisa menyebabkanya menjadi racun dan menimbulkan masalah bagi pencernaan anda.

Baca juga: Konsumsi 3 Telur dalam Sepekan Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung?

4. Nasi

Ilustrasi nasi. (Foto: Pixabay)

Menurut Food Standards Agency, mengkonsumsi nasi yang disimpan pada suhu ruangan dapat membuat anda keracunan makanan karena spora dari bakteri yang menempel di nasi tidak akan mati meskipun sudah dipanaskan.

Spora ini akan menghasilkan bakteri dan kuman yang menyebabkan diare dan muntah-muntah.

5. Kentang

Ilustrasi kentang. (Foto: Pixabay)

Kentang banyak mengandung zat besi dan tembag yang sangat baik untuk nutrisi otak. Kentang memang kaya nutrisi, tapi kentang bisa kehilangan nutrisinya jika dibiarkan di suhu ruangan dalam jangka waktu yang lama. Kentang bahkan bisa sangat beracun dan bisa menyebabkan sakit atau keracunan makanan.

Tim Pantau
Editor
Kontributor - NPW
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam

Berita Terkait: