Pantau Flash
Pendapatan Garuda Terkena Dampak Peniadaan Ibadah Haji 2020
Jokowi Kumpulkan Tokoh Lintas Agama Bahas Penanganan COVID-19-Ibadah Haji
Ahli Sebut Autopsi Tak Perlu Dilakukan untuk Buktikan Infeksi COVID-19
Bank Dunia Prediksi Penduduk Miskin di Indonesia Bertambah 9,6 Juta Orang
Luhut Klaim Sektor Pariwisata Bisa Pulih dalam 10 Bulan Akibat COVID-19

Jangan Lakukan 5 Kebiasaan Ini Setelah Makan Ya, Berbahaya Lho!

Jangan Lakukan 5 Kebiasaan Ini Setelah Makan Ya, Berbahaya Lho! Ilustrasi makan. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Makan adalah kebutuhan penting untuk manusia. Dalam sehari, manusia normalnya akan tiga kali makan, yakni pagi hari sebelum memulai aktivitas, siang hari saat istirahat, dan malam atau petang.

Sekilas wajar-wajar saja makan makanan yang kita suka. Meski kita sudah menghindari makanan dengan kolesterol tinggi dan karbohidrat rendah, namun nyatanya kita harus perhatikan hal-hal yang harus dihindari setelah makan. 

Dilansir dari laman Bright Side, ini lima hal yang tak boleh dilakukan setelah makan :

1. Mandi

Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Saat mandi, suhu tubuh kita sedikit naik. Untuk mengatasinya, tubuh mengirim sedikit lebih banyak darah ke kulit dibanding biasanya. Hal ini dapat merusak proses pencernaan dan memperlambat metabolisme. Waktu terbaik mandi adalah 30 menit setelah makan.


2. Minum teh

Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Bagi sebagian orang, secangkir teh hangat sudah jadi kebiasaan untuk menemani santapan. Namun studi menunjukkan bahwa minuman yang tak berbahaya ini dapat mengganggu penyerapan zat besi, mineral yang memainkan peran penting dalam tubuh kita. Oleh sebab itu, anak-anak, ibu hamil dan orang-orang yang menderita kurang zat besi harus menghindari minum teh setidaknya satu jam setelah makan. Orang dewasa sebaiknya justru minum kopi yang memang tak boleh diminum saat perut kosong. Atau minum air putih saja.


3. Tidur

Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Mitos bahwa tidur bisa membuat gemuk sudah dibantah sejak lama. Namun, tidur dengan perut kenyang bisa menyebabkan rasa panas di dada, sendawa, dan tingginya asam lambung. Apalagi sudah terbukti bahwa kebiasaan tidur langsung setelah makan siang atau makan malam bisa meningkatkan risiko stroke. Para ahli sepakat tidur sebaiknya dilakukan setidaknya 2 jam setelah makan. 


4. Olahraga

Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Para ahli tidak menyarankan berolahraga sesaat setelah makan, alasannya bisa menimbulkan ketidaknyamanan seperti cegukan, mual, peningkatan risiko trauma, dan kejang. Tunggu setidaknya dua jam setelah makan untuk berolah raga atau sebaiknya jalan kaki saja untuk mengawali olah raga.


5. Rokok

Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Hampir semua sistem dalam tubuh kita bekerja selama proses pencernaan aktif. Dalam hal ini, nikotin akan diserap dua kali lipat banyaknya, oleh karenanya dapat meningkatkan efek bahayanya. Tembakau juga terbukti bisa menghambat penyerapan vitamin dan mineral termasuk kalsium dan vitamin C dan D. Sebaiknya memang Anda berhenti merokok sepenuhnya tapi kalau tidak bisa, tunggu setidaknya 20 menit setelah makan sebelum merokok.


Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - TIH

Berita Terkait: