Pantau Flash
Paspor WNI Eks ISIS Akan Diblokir Pemerintah
Bappenas Sebut Ekonomi Indonesia 2021 Tergantung Donald Trump
Dua dari Tiga Pasien yang Dirawat RSHS Bandung Dinyatakan Negatif Korona
Menlu Retno Hadiri Pertemuan Tingkat Tinggi Sidang Dewan HAM PBB
Omnibus Law Diklaim Kurangi Tumpang Tindih Aturan di Sektor Pertambangan

Jangan Malas! Masak Sendiri di Rumah Banyak Manfaatnya Loh

Jangan Malas! Masak Sendiri di Rumah Banyak Manfaatnya Loh Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com -  Semakin mudah akses untuk membeli makanan melalui online, tak dipungkiri telah memanjakan kita. Mau makan apa pun tinggal ambil telepon pintar lalu 'berselancar' diaplikasi layanan online.

Tapi sekali-kali coba deh masak di rumah. Meski sederhana, masak di rumah sebenarnya memiliki banyak manfaat. Di antaranya:

Baca juga: Ternyata Begini Cara Menyimpan Keju Agar Tidak Keras dan Berjamur

1. Lebih hemat pengeluaran

Masak sendiri di rumah artinya kamu juga harus membeli sendiri bahan-bahan masakan yang akan dibuat. Bisa beli pasar tradisional yang tentu harganya sangat merakyat bahkan masih bisa ditawar. 

Selain itu kamu juga bisa memasak sekaligus dalam porsi lebih banyak untuk 2 atau tiga kali makan. Tinggal disimpan di lemari es lalu dihangatkan saat akan dimakan. Berbeda dengan beli makan di luar yang tentu harganya tidak akan bisa ditawar dan hanya untuk sekali makan. 

2. Terkontrol kebersihan dan sehatnya makanan

Karena membuat sendiri, sudah pasti kamu tahu kadar kebersihan dari makanan tersebut. Bahan apa saja yang digunakan hingga kebersihan tiap alat masak. Kamu juga bisa menakar sendiri kadar kalori yang ingin disantap.

3. Menyesuaikan selera

Pernah gak kecewa dengan hasil makanan yang kamu pesan? Minta makanan level pedas ekstra tapi tak sesuai ekspektasi. Atau makanan yang terlalu asin atau pun manis untuk lidah kita. Yah, selerankan beda-beda. 

Tapi kamu bisa sesuaikan selera mu sendiri ketika membuat makanan sendiri. Kalau pun makanan buatan sendiri ternyata juga berakhir mengecewakan, setidaknya kamu cukup tertawakan diri sendiri tanpa harus marah-marah pada orang lain. Hihi

4. Menghilangkan stres

Menurut ahli psikologi, memasak bisa jadi salah satu kegiatan penghilang stres dan mengembalikan mood setelah lelah beraktivitas seharian. Jangan pusing makananmu akan enak dinikmati banyak orang, yang terpenting kamu menikmati setiap proses ketika memasak.

Baca juga: Syuting di Eropa, Clairine Clay Stres Jika Tak Ada Sambal

5. Melatih skill

Ingin pintar memasak? Ya harus sering-sering membuat masakan sendiri. Semakin sering kamu memasak, pada akhirnya kamu akan hafal dengan sendirinya takaran bumbu yang pas dan bisa bikin makanan enak. 

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Lilis Varwati
Category
Ragam

Berita Terkait: