Pantau Flash
15.126 Pasien COVID-19 di Wisma Atlet Sembuh
Ketua Dewan Positif COVID-19, Gedung DPRD Bogor Disterilisasi
Kebijakan Tarik 'Rem Darurat' Dianggap Berhasil, Anies Perpanjang PSBB
Selama Periode 2016-2020 Tercatat 157 Pegawai KPK Telah Mengundurkan Diri
Presiden Jokowi Sebut Pemerintah Tak Bisa Sendirian Atasi COVID-19

Jangan Sembarangan! 10 Makanan Ini Bisa Memperburuk Kram Menstruasimu Lho

Jangan Sembarangan! 10 Makanan Ini Bisa Memperburuk Kram Menstruasimu Lho Ilustrasi. (Shutterstock)

Pantau.com - Setiap wanita di dunia ini mengalami berbagai jenis masalah ketika berhubungan dengan menstruasi. Ini adalah perasaan terburuk yang dihadapi setiap wanita setiap bulan. 

Menstruasi membuat Anda tidak bisa tidur malam, mengidam makanan gula, dan mengalami kram yang mengerikan serta kembung yang tidak nyaman. Tapi itu semua bisa dikurangi jika Anda makan makanan padat nutrisi. Namun, jika Anda memakan cupcakes dan pizza, itu bisa membuat menstruasi Anda lebih buruk karena tubuh Anda harus mengisi kembali darah ini yang hilang selama menstruasi.

Mendapatkan nutrisi yang salah selama periode akan menyebabkan nyeri otot, kembung tidak nyaman, sakit kepala, dan pencernaan yang tidak konsisten. Ini dapat membuat Anda tidak siap baik secara psikologis maupun fisik. Jadi, Anda harus menghindari makanan tertentu selama menstruasi. Dilansir Boldsky, berikut adalah makanan yang tidak boleh Anda makan, terutama selama menstruasi.

Baca juga: Atasi Gejala PMS dengan Konsumsi 5 Makanan Ini

1. Makanan Olahan

Ilustrasi (Pixabay)

Selama periode, kembung adalah masalah umum dan sering makan makanan olahan akan meningkatkan retensi air di perut. Ini dapat menambah perasaan bengkak yang Anda alami. Jadi, hentikan makanan berminyak dan manis tidak peduli berapa banyak Anda mendambakannya.

2. Daging Merah

Ilustrasi (Pixabay)

Makanan seperti daging merah tinggi lemak jenuh. Ini harus dihindari selama menstruasi, karena dapat memperburuk kram, kembung, dan jerawat Anda. Jika Anda mendambakan daging, maka Anda bisa mengonsumsi daging tanpa lemak seperti dada ayam tanpa kulit atau ikan berminyak.

3. Alkohol

Ilustrasi (Pixabay)

Singkirkan alkohol saat Anda sedang haid. Jika Anda berpikir bahwa minum satu atau dua alkohol tidak akan membahayakan, maka Anda benar-benar salah. Minum alkohol saat menstruasi akan memperburuk gejala menstruasi Anda.

4. Produk Susu

Ilustrasi (Pixabay)

Ini mungkin mengejutkan bahwa produk susu seperti susu, krim, dan keju tidak direkomendasikan ketika Anda sedang menstruasi; Namun, yang terbaik adalah Anda menghindari ini. Karena mengandung asam arakidonat yang dapat memicu kram menstruasi. Sebagai gantinya, pilihlah buttermilk, karena akan menenangkan perut Anda.

5. Kafein

Ilustrasi (Pixabay)

Minuman seperti kopi tinggi kandungan kafeinnya, yang harus dihindari selama menstruasi. Kafein menyebabkan tekanan darah tinggi dan dapat menyebabkan kecemasan, dehidrasi dan juga dapat mengganggu siklus tidur Anda. Sebagai gantinya, Anda bisa minum teh herbal.

Baca juga: Studi: Saat Menstruasi Wanita Cenderung Menjadi Sedikit Lebih Bodoh

6. Makanan berlemak

Ilustrasi (Pixabay)

Makan makanan berlemak seperti burger, keripik, dan kentang goreng selama menstruasi akan memengaruhi hormon Anda dan menyebabkan kram. Membuat pilihan makanan yang salah akan memperburuk tubuh Anda, membuat Anda merasa kering dan dehidrasi.

7. Biji-bijian olahan

Ilustrasi (Pixabay)

Biji-bijian olahan seperti roti, pizza, sereal dan tortilla harus dihindari, karena dapat menyebabkan kembung dan sembelit. Sebagai gantinya, Anda dapat memilih biji-bijian utuh, yang memiliki indeks GI rendah yang tidak hanya akan menjaga sistem pencernaan Anda di jalur, tetapi juga akan menjaga rasa lapar Anda.

8. Makanan Asin

Ilustrasi (Pixabay)

Makanan asin yang ditemukan dalam sup kalengan, bacon, keripik, harus dihindari selama periode karena mereka tinggi garam. Hormon yang bertanggung jawab untuk menstruasi sudah menyebabkan retensi air dan mengonsumsi makanan tinggi garam akan menyebabkan perut kembung.

9. Makanan Manis

Ilustrasi (Pixabay)

Karena perubahan hormon yang terjadi selama menstruasi, kadar gula darah menjadi tidak stabil dan banyak wanita menginginkan permen. Makan makanan manis dapat menambah fluktuasi gula darah Anda, yang mengakibatkan perubahan suasana hati dan ketegangan. Sebagai gantinya, Anda bisa memilih salad buah kaya serat dengan yogurt rendah lemak.

10. Makanan Pedas

Ilustrasi (Pixabay)

Makan makanan pedas selama menstruasi dapat memicu hot flash, menunda siklus menstruasi dan memicu ruam kulit dan jerawat. Rempah-rempah dari makanan dapat mengganggu lapisan perut dan usus Anda, sehingga menyebabkan keasaman dan kram menstruasi yang menyakitkan.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: