Pantau Flash
Menko Marinves Klaim Bank Dunia Puji Ketangguhan Ekonomi Indonesia
Seluruh Kecamatan di Kota Medan Masuk Zona Merah COVID-19
PSBB Bodebek Kembali Diperpanjang hingga 2 Juli 2020
Nihil Kasus Baru di 6 Provinsi, Positif COVID-19 di Indonesia 29.521 Kasus
PSBB di Kota Bekasi Diperpanjang hingga 2 Juli 2020

Jangan Sepelekan Kembung dan Batuk, Ini 6 Tanda Anda Mungkin Terkena Kanker

Jangan Sepelekan Kembung dan Batuk, Ini 6 Tanda Anda Mungkin Terkena Kanker Ilustrasi seseorang terkena batuk. (Foto: Videoblocks)

Pantau.com - Kanker dapat terjadi dimana saja dalam tubuh, dengan hampir semua gejala yang seringkali diabaikan menurut American Cancer Society atau ACS. 

Melihat gejala awal kanker sebenarnya sangatlah penting, hal ini untuk memberikan perawatan bekerja lebih baik ketika penyakit ini ditemukan sejak awal. 

Berikut gejala kanker yang mungkin diabaikan menurut Dr. Ioana Bonta, seorang ahli onkologi medis di Cancer Treatment Centers of America dan Dr. Marleen Meyers, ahli onkologi medis payudara di NYU Langone Medical Centers, dikutip dari Insider.

1. Merasa kenyang

Kanker ovarium sangat sulit didetiksi sejak awal. Salah satu gejala kanker ini kemungkinan merasa kekenyangan lebih cepat, menurut Bonta. Saat Anda merasa kenyang setelah hanya makan dengan jumlah kecil.

National Ovarian Cancer Coalition memiliki daftar lengkap kemungkinan tanda dan gelaja pada perempuan yang harus diketahui, salah satunya tidak nafsu makan.

2. Nafsu makan yang buruk

Meyers mengatakan nafsu makan yang buruk terkadang dapat menjadi gejala kanker. Ini mungkin sinyal kanker usus besar, kanker ovarium, kanker perut, atau kanker pankreas, atau bahkan kanker paru, menurut  Cancer Treatment Centers of America.

Hal ini dapat berhubungan dengan gejala lain seperti nyeri, yang dapat membuat sulit makan. Tapi kanker juga melepaskan bahan kimia ke dalam tubuh yang dapat mengacaukan metabolisme Anda.

Baca juga: 5 Mitos Seputar Kanker Payudara yang Perlu Kamu Ketahui

3. Ruam di payudara

Menurut ACS, benjolan adalah tanda paling umum kanker payudara. Tapi mereka bukan satu-satunya tanda adanya kanker.

Perubahan kulit pada payudara Anda, termasuk ruam, iritasi, dimpling, bersisik, merah, atau puting menebal juga dapat menunjukkan kanker.

"Payudara bukanlah tempat yang umum untuk terjadi ruam, " kata Bonta. 

4. Kembung

Orang dengan kanker ovarium juga dapat mengalami kembung atau perut bengkak, kata Bonta. 

"Jika seorang wanita melaporkan nyeri panggul atau perut, peningkatan ukuran perut, kembung, kesulitan makan, atau merasa kenyang dengan cepat dan jika gejala itu baru terjadi dalam setahun belakangan dan jika mereka terjadi lebih dari 12 kali per bulan, itu adalah sebuah bendera merah."

Baca juga: 5 Tanda Kembung Bisa Jadi Masalah Serius Kesehatan, Salah Satunya Kanker

5. Berkeringat di malam hari

Keringat berlebihan saat tidur bisa menjadi tanda bahwa sesuatu terjadi dengan kesehatan Anda, terutama jika cuaca tidak menjamin itu.

Keringat pada malam hari dapat menunjukkan limfoma, kanker pada sistem kekebalan tubuh. Namun, biasanya disertai dengan gejala lain seperti demam, kelelahan, dan penurunan berat badan.

6. Suara serak atau batuk

Banyak hal yang dapat menyebabkan batuk seperti alergi atau infeksi pada pernapasan. Tetapi jika Anda kehilangan suara selama lebih dari tiga atau empat minggu, itu mungkin merupakan gejala awal kanker tenggorokan, menurut Cancer Research UK. Tanda lainnya termasuk sesak napas dan kesulitan menelan.

Namun, daftar gejala ini tidak berarti akan menjadi kanker, gelaja dapat sangat bervariasi berdasarkan jenis kanker, ukuran dan lokasi dalam tubuh. Baik Meryes dan Bonta menekankan tidak setiap gejala menunjukkan kanker dan pemeriksaan yang tidak perlu juga dapat membahayakan. 

Beberapa prosedur pengujian dan penyaringan memiliki risiko atau kompolikasi. CT scan, misalnya, dapat mengekspos tubuh Anda dengan radiasi. "Saya pikir, secara umum, kita tidak ingin orang panik. Memberikan (gejala) adalah sedikit waktu untuk melihat apakah itu akan hilang. Jika tidak, maka harus segera diperiksa lebih lanjut," kata Meyers.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: