Pantau Flash
Arab Saudi Stop Umrah, Hidayat Nur Wahid: Baik Dilakukan untuk Cegah Korona
Lion Air Jemput 13.000 Jamaah Umrah Kembai ke Indonesia
Bank Indonesia Yakin Ekonomi Membaik di Semester II-2020
Lion Air Hentikan Sementara Penerbangan Umrah ke Arab Saudi
3 Induk Cabor Tanda Tangan MoU Dana Pelatnas 2020

Jauh Sebelum K-pop, Ini 5 Boyband Legendaris Sepanjang Masa

Jauh Sebelum K-pop, Ini 5 Boyband Legendaris Sepanjang Masa Backstreet Boys. (Foto: Tim Roney/Getty Images)

Pantau.com - Berbicara tentang boyband saat ini mungkin langsung dikaitkan dengan cowok-cowok ganteng asal Korea Selatan. Namun, jauh sebelum K-pop mendunia, boyband sudah ada di berbagai belahan dunia. 

Bahkan, sejumlah lagu-lagu dari boyband tersebut masih menjadi musik favorit untuk sebagian orang. Siapa saja mereka? Simak ulasan yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. New Kids On the Block


New Kids On the Block. (Foto: Michel Linssen/Redferns/Getty Images)

New Kids On the Block atau NKOTB dibentuk oleh Produser Maurice Starr pada tahun 1985. Bersama New Edition, NKOTB merupakan penggagas dari istilah boyband.

Grup yang berbasis di Boston ini merilis serangkaian lagu sebelum berpisah pada tahun 1994. Mereka bersatu kembali pada tahun 2008 dengan hit, Summertime, setelah hampir 15 tahun. 

Baca juga: Hei ARMY, LINE Luncurkan Stickers BTS Idolamu Nih

Boyband dengan hits yang terkenal I'll Be Loving You (Forever), You Got It (The Right Stuff), Cover Girl, dan Tonight ini berhasil mencatat penjualan albumnya lebih dari 80 juta kopi di seluruh dunia.

2. Westlife


Westlife. (Foto: Tim Roney/Getty Images)

Salah satu band remaja laki-laki paling populer di Inggris, Westlife dibentuk di Dublin, Irlandia, pada tahun 1998. Mereka mendapat banyak penghargaan ketika menggelar konser dengan Backstreet Boys dan Boyzone di tahun yang sama. 

Menurut The British Phonographic Industry, boyband ini menjual 11,1 juta album dan 6,8 juta single di AS. Hits terbesar mereka di antaranya, You Raise Me Up, Swear It Again, Uptown Girl, The Rose, dan If I Let You Go. 

3. Boyz II Men


Boys II Men. (Foto: Michael Linssen/Getty Images)

Terkenal karena balada emosional dan harmoni cappella mereka, grup R&B Amerika ini dibentuk pada pertengahan tahun 1980-an di Philadelphia High School for the Creative and Performing Arts. Boyz II Men awalnya beranggotakan empat personel. Namun, satu di antaranya hengkang pada 2003 karena ada masalah kesehatannya.

Baca juga: Bisma Mengaku Sulit Melepas Image Boyband

Album terakhir mereka, Under the Streetlight, dirilis pada bulan Oktober 2017. Hingga kini, boyband yang terkenal dengan hitsnya End of Road, aktif berkarier sampai saat ini. 

4. Backstreet Boys


Backstreet Boys. (Foto: Tim Roney/Getty Images)

Salah satu band remaja laki-laki paling populer dan paling laris sepanjang masa, Backstreet Boys atau BSB dibentuk pada 20 April 1993 di Orlando, Florida, AS. Awalnya, BSB terdiri dari Nick Carter, Howie Dorough, Brian Littrell, A.J. McLean, dan Kevin Richardson. Album debut mereka telah menguasai tangga musik pada tahun 1996. 

Pada bulan Januari 2015, boyband yang terkenal dengan hits I Want It That Way, merilis film dokumenter pertama mereka, "Backstreet Boys: Show 'Em What You Made Of". Hingga kini, Backstreet Boys telah merilis tujuh album. Selain itu, BSB juga mencatat angka penjualan album tertinggi yaitu lebih dari 130 juta kopi di seluruh dunia.

5. N'Sync


N'Sync. (Foto: Tim Roney/Getty Images)

N'Sync merupakan salah satu boyband paling terkenal di dunia dengan penjualan album tertinggi ketiga sepanjang masa. Boyband yang terdiri dari Lance Bass, JC Chasez, Joey Fatone, Chris Kirkpatrick, dan Justin Timberlake ini dibentuk pada tahun 1995 di Orlando.

Rolling Stone mengakui kesuksesan awal N'Sync sebagai salah satu dari 25 Teen Idol Breakout Moments yang pernah ada. Hits terbesar mereka di antaranya, I Want You Back, Bye Bye Bye!, It's Gonna Be. Band ini menerima bintang di Hollywood Walk of Fame pada bulan April 2018.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam