Pantau Flash
Jelang Akhir Pekan Rupiah Melemah Rp13.760 per Dolar
Sebastian Vettel: SF1000 Jelas Lebih Meningkat Dibanding Tahun Lalu
Maskapai Global Diprediksi Kehilangan Rp400 Triliun Akibat Wabah Korona
MUI: Haedar Nashir dan Said Aqil Akan Satu Frame
Penjemputan WNI yang Jadi ABK di Kapal Pesiar Akan Libatkan TNI

Jelang HUT RI, Begini Uniknya Perayaan Hari Kemerdekaan di 5 Negara Ini

Jelang HUT RI, Begini Uniknya Perayaan Hari Kemerdekaan di 5 Negara Ini Sejumlah pelajar mewarnai wajahnya dalam perayaan Hari Kemerdekaan India. (Foto: Reuters/Babu)

Pantau.com - Menjelang Hari Kemerdekaan yang jatuh pada Sabtu, 17 Agustus 2019, rakyat Indonesia sudah mempersiapkan segala hal, termasuk memasang bendera Merah Putih, merias gapura, hingga mengadakan lomba-lomba.

Hari Kemenangan disambut dengan antusias yang besar oleh setiap rakyat di suatu negara. Tak hanya Indonesia yang memiliki perayaan Hari Kemenangan yang sangat meriah dan unik. Negara-negara di dunia juga mempunyai caranya sendiri dalam memperingati Hari Kemerdekaan.

Berikut Pantau.com rangkum perayaan Hari Kemenangan di 5 negara dari berbagai sumber:

Baca juga: Jelang 17 Agustusan, Ini 5 Pilihan Lomba Unik yang Bikin Penonton Tertawa

1. Ukraina

Parade militer dalam Hari Kemerdekaan Ukraina. (Foto: Reuters/Gleb Garanich)

Sama dengan Indonesia, Hari Kemerdekaan Ukraina jatuh di bulan Agustus. Perayaan Hari Kemerdekaan di negara ini sangat unik karena digelar selama tiga hari. Perayaan dimulai pada 23 Agustus yakni hari penghormatan bendera. Pada hari ini seluruh pelosok di negara itu akan didominasi dengan bendera warna biru dan kuning.

Pada 24 Agustus, penduduk Ukraina akan mengenakan pakaian tradisional dan pada 25 Agustus akan diadakan kebangkitan perayaan kemerdekaan di St. Sophia Cathedral yang turut dihadiri oleh Presiden beserta jajarannya.

2. Korea Selatan

Perayaan Hari Kemerdekaan Korea Selatan di depan Cheonan. (Foto: U.S Army)

Perayaan di Korea Selatan sama halnya dengan di Indonesia, di mana di setiap rumah wajib memasang bendera nasional. Hari Kemerdekaan yang jatuh pada 15 Agustus ini dimulai dengan upacara resmi di Aula Kemerdekaan Korea di Cheonan.

Dalam upacara tersebut, presiden menyampaikan pidatonya, dan kemudian menyanyikan lagu resmi Gwangbokjeol. Pada Hari Kemerdekaan, rakyat Korea harus mempelajari nama resmi negara untuk liburan, yakni Gwangbokjeol yang memiliki arti pemulihan cahaya.

3. Peru

Perayaan Hari Kemerdekaan di Peru. (Foto: Dos Manos Peru)

Hari Kemerdekaan di Peru yang jatuh pada tanggal 28 Juli dirayakan selama dua hari berturut-turut. Upacara kenegaraan Peru dipusatkan di Miraflores, pusat Kota Lima.

Selain upacara kenegaraan, akan digelar parade raksasa yang melibatkan ratusa orang dengan kostum warna-warni. Parade berlangsung selama beberapa jam, dan masyarakat biasanya membawa beberapa makanan ringan khas Peru.

Baca juga: Ada 5 Manfaat Si Kecil Ikut Lomba 17-an Lho, Coba Cek Deh

4. Amerika Serikat

Seorang perempuan memegang bendera Amerika Serikat dalam parade Fouth of July. (Foto: Reuters/Carlos Barria)

Perayaan hari kemerdekaan di negara ini dikenal dengan istilah Fourth of July, yang tentu jatuh pada tanggal 4 Juli. Perayaan Hari Kemerdekaan dirayakan secara meriah di seluruh penjuru Amerika Serikat.

Sama seperti di negara lain, bendera nasional juga akan menghiasi jalan-jalan utama. Biasanya mereka akan mengadakan pesta kembang api, pawai, dan parade.

5. India

Sejumlah pelajar mewarnai wajahnya dalam perayaan Hari Kemerdekaan India. (Foto: Reuters/Babu)

India memperingati Hari Kemerdekaan pada 15 Agustus. Upacara bendera juga dilakukan sama seperti peringatan resmi di negara-negara lain. Namun, ada hal unik yang dilakukan sebelum upacara digelar.

Penduduk India sebelumnya akan melakukan pawai pasukan berkuda di awal upacara. Selain itu, masyarakat juga menerbangkan layang-layang sebagai simbol kebebasan dan kemerdekaan India.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam