Pantau Flash
Alami Pneumonia Akibat Korona, Musisi jazz Ellis Marsalis Meninggal Dunia
WP KPK Tolak Wacana Pembebasan Napi Koruptor Dampak Pandemi Korona
Penanganan COVID-19 di Jakarta Disebut Lebih Baik dari Jabar dan Banten
PSI pada Jokowi: Mudik Harus Dilarang, Kalau Imbauan Saja Tak Akan Efektif
Update COVID-19 3 April: 1.986 Kasus Positif, 134 Sembuh, 181 Meninggal

Kabar Baik Nih Girls, Hobi Belanja Ternyata Bisa Bikin Panjang Umur

Kabar Baik Nih Girls, Hobi Belanja Ternyata Bisa Bikin Panjang Umur Ilustrasi. (Foto: shutterstock)

Pantau.com - Menurut sebuah penelitian sebagaimana dilaporkan Daily Mail menyebut, sering pergi ke pusat perbelanjaan seperti mall atau toko dapat membantu umur seseorang menjadi lebih panjang.

Lebih mengejutkan lagi, dampaknya lebih terasa bagi laki-laki. Penelitian itu mengungkapkan bahwa manfaat berbelanja dalam memperpanjang umur lebih baik daripada pergi ke tempat fitnes.

Mencari teman dan hanya menonton orang dapat mencegah kesepian dan meningkatkan kesehatan psikologis, menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal Epidemiologi dan Kesehatan Masyarakat.

Baca Juga: Kenapa Orang Jepang Bisa Berumur Panjang? Ternyata Ini Rahasianya

Penelitian tersebut dilakukan dengan melibatkan responden sebanyak 1.850 orang yang berumur 65 dan hidup lebih mandiri di rumah mereka di Taiwan, yang ditanyai seberapa sering mereka pergi berbelanja.

Kemudian para peneliti melacak berapa lama umur setiap partisipan dengan menghubungkan data individu dengan data kematian nasional antara 1999 dan 2008.

Dan ditemukan orang-orang yang berbelanja setiap harinya, akan hidup lebih lama dari mereka yang jarang berbelanja, bahkan setelah mengecek masalah fisik atau kesehatan orang diluar kelompok ini.

Pergi ke pusat perbelanjaan setiap hari dapat mengurangi peluang sekarat bagi partisipan selama periode penelitian, dibanding mereka yang tidak sering berbelanja. Periode penelitian lebih dari satu kuartal.

Baca Juga: 7 Tips Menjaga Otak Tetap Aktif dan Sehat meski Sudah Berumur

Orang dewasa yang jalan-jalan ke pusat perbelanjaan secara teratur memiliki catatan hidup yang lebih baik dengan berkurangnya 28 persen dari peluang sekarat, sementara bagi perempuan dewasa dampaknya hanya 23 persen.

Penelitian yang dipimpin Dr Yu-Hang Chang dari Institut Penelitian Kesehatan Nasional di Zhunan, Taiwan, membenarkan bahwa orang yang sering berbelanja akan memiliki kesehatan yang lebih baik.

Studi itu menambahkan, "Di tempat belanja, bersosialisasi atau menonton orang lain dapat memberikan manfaat sosial dan mental.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - SIG