Kamu Kecanduan Smartphone? Sembuhkan dengan Cara Ini

Ilustrasi kecanduan smartphone (Foto: Independent)Ilustrasi kecanduan smartphone (Foto: Independent)

Pantau.com – Smartphone atau ponsel pintar kini sudah layaknya ‘teman dekat’ manusia. Tiada hari, jam, menit, tanpa menengok smartphone. Ya, ponsel pintar sudah menjadi candu bagi kaum urban.


Berdasarkan penelitian terbaru, diketahui orang dewasa di Inggris memeriksa ponsel pintar sebanyak 33 kali sehari. Sedangkan anak muda mengecek smartphonenya hingga 90 kali sehari.


Lalu, bagaimana cara menghindar dari godaan ponsel pintar?


Melansir Independent, Senin (29/1/2018), Catherine Price penulis ‘How to Break Up With Your Phone: The 30-Day Plan to Take Back Your Life’, mengatakan ada beberapa cara sederhana untuk menyehatkan hubungan dengan smartphone.


Pertama, buat batasan dan ketahuilah seberapa sering kamu menggunakan ponsel? Kalau tidak tahu, maka kamu harus mengunduh aplikasi yang bisa memantau kapan dan berapa lama menggunakan ponsel.


Baca Juga: Psst… Ini Bocoran Tiga iPhone Baru di Tahun 2018


via GIPHY


“Aplikasi ini bisa menyadarkan kamu tentang berapa lama waktu yang terbuang sia-sia hanya untuk mengecek ponsel,” kata Price.


Kedua, buat peraturan waktu bebas dari ponsel. Mulai lah dari 30 menit tanpa smartphone, dan selanjutnya seharian tanpa ponsel. 


Cara ketiga adalah, menentukan ruang-ruang yang tidak boleh menggunakan ponsel pintar. Salah satu ruangan yang paling penting adalah di ruang tidur.


Kemudian, yang keempat dengan mematikan semua notifikasi media sosial di smartphone. 


“Godaan terbesar mengecek ponsel pintar adalah adanya notifikasi. Mulai sekarang segera matikan notifikasi di ponsel,” ujar Price.


Baca Juga: Benarkah Baterai iPhone X Semakin Gahar?

Tim Pantau
Editor
Tommy Adi Wibowo