Pantau Flash
Harga Minyak Goreng Rp14.000 per Liter Mulai Berlaku Besok
Vonis 4 Tahun Kiagus Diwarnai Isak Tangis Sang Istri
Sah, RUU Ibu Kota Negara Jadi Undang-Undang
Lexus Boyong LX600 Off Road ke Tokyo Auto Salon 2022
Corona Belum Selesai, Muncul Lagi Virus Baru Bernama Flurona

Kenalkan, Pepper Robot Ramah yang Selalu Ingatkan untuk Pakai Masker

Kenalkan, Pepper Robot Ramah yang Selalu Ingatkan untuk Pakai Masker Pepper. (Foto: Antara)

Pantau.com - Sejumlah insinyur asal Prancis telah mengembangkan robot yang dapat mendeteksi apakah orang-orang mengenakan masker, sebagai bagian dari langkah penyebaran COVID-19, dan jika tidak, robot tersebut akan dengan sopan mengingatkan mereka untuk menggunakannya.

Robot tersebut bernama Pepper, memiliki tinggi 120cm dengan tampilan mirip manusia yang sudah beroperasi di sejumlah negara untuk menyambut pengunjung yang datang ke toko, pameran dan ruang publik lainnya.

Baca juga: Ini Sih Boleh, Masker Terkoneksi Internet dari Jepang! Bisa Kirim Pesan

Kamera Pepper memindai wajah orang yang mendekatinya, dan jika terdeteksi bagian bawah wajah orang tidak tertutup, dia akan mengucapkan kalimat: "Anda harus selalu memakai masker dengan benar."

Jika terlihat pengunjung kemudian memakai masker, robot tersebut akan mengucapkan kalimat: "Terima kasih telah memakai masker Anda."

Ide dari dibuatnya robot tersebut bukan seperti polisi yang menegur orang-orang yang tidak memakai masker, namun untuk memberikan pengingat yang ramah, menurut Jonathan Boiria, kepala penjualan di Eropa untuk Softbank Robotics, perusahaan di belakang Pepper.

"Toko-toko harus menempatkan orang di pintu masuk, banyak orang, untuk memastikan penggunaan masker, dan kadang-kadang itu sulit," ujar Boiria kepada Reuters, dikutip Rabu (9/9/2020).

Baca juga: RS Pertamina Pakai Dua Robot untuk Tangani Pasien Korona

"Sebuah robot memungkinkan Anda meringankan tugas beberapa orang sehingga mereka dapat fokus pada tugas normal mereka."

"Kita semua manusia. Kadang-kadang saya melepas masker saat turun dari bus dan lupa memakainya kembali saat tiba di kantor. Robot itu memberikan pengingat. Kita semua bisa salah atau lupa," dia menambahkan.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Gilang K. Candra Respaty

Berita Terkait: