Keren! Bendera Indonesia Terbentang di Konser Scorpion Berkat Jokowi ke Ukraina dan Rusia, Cek Faktanya

Headline
Beredar unggahan yang menyebut bendera Indonesia dibentangkan pada konser grup band Scorpion di Polandia. (turnbackhoax.id)Beredar unggahan yang menyebut bendera Indonesia dibentangkan pada konser grup band Scorpion di Polandia. (turnbackhoax.id)

Pantau – Akun Twitter dengan nama “Midjan_La_2” mengunggah video yang menunjukkan dua buah bendera dibentangkan oleh sekumpulan penonton di tengah konser musik.

Video tersebut juga disertai keterangan bahwa bendera yang dibentangkan merupakan bendera Indonesia pada konser grup band Scorpion di Polandia.

Narasi:

“KEREN bendera NKRI kita terbentang luas di konser group Scorpion dipolandia berkat presiden kita Jokowi✌️ Ukraina n Rusia ✌️”

Penjelasan

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir turnbackhoax.id, 2 Juli 2022, bendera dalam video tersebut merupakan bendera Polandia dan Ukraina yang dibentangkan sebagai bentuk dukungan terhadap Ukraina pada konser grup band Scorpion di Krakow, Polandia, pada 28 Mei 2022 waktu setempat.

Bendera Polandia sendiri memang memiliki warna yang sama dengan bendera Indonesia. Akan tetapi, bendera Polandia memiliki susunan warna putih merah, berkebalikan dengan bendera Indonesia yang memiliki susunan warna merah putih.

Kesimpulan

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna “Midjan_La_2” tersebut dapat dikategorikan sebagai parodi/satire.

Tim Pantau
Editor
Aries Setiawan