Pantau Flash
FBI Turun Tangan Selidiki Ledakan Beirut
Anggaran Kemenkes dalam RAPBN 2021 Naik Jadi Rp84,3 Triliun
32 Kawasan Khusus Pesepeda di Jakarta Ditiadakan Mulai 16 Agustus 2020
Bio Farma Soal Vaksin Rusia: Tidak Mengikuti Kaidah Ilmiah untuk Registrasi
Sebanyak 38 Orang di DPRD Jawa Barat Terinfeksi COVID-19

Kopi Hitam Tanpa Gula Punya 6 Manfaat Ini, Salah Satunya Cegah Depresi!

Kopi Hitam Tanpa Gula Punya 6 Manfaat Ini, Salah Satunya Cegah Depresi! Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Kopi adalah minuman paling populer dan paling digemari selain teh. Konsentrasi antioksidan yang tinggi di dalamnya menjadikannya salah satu minuman terbaik. Dilansir Boldsky, kopi mengandung kafein, stimulan alami yang dikenal memberi banyak energi dan membantu Anda tetap terjaga ketika merasa lelah. Ada berbagai macam kopi, salah satunya adalah kopi hitam.

Kopi hitam merupakan kopi biasa tanpa gula, krim, dan susu. Kopi hitam meningkatkan rasa sebenarnya dari biji kopi yang dihancurkan. Kopi hitam secara tradisional dibuat dalam pot, tetapi penikmat kopi modern menggunakan metode pour-over untuk membuat kopi hitam. Kopi hitam tanpa gula memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Simak manfaatnya di bawah ini.

Baca juga: Gara-gara Traveling, Hamish Daud Hobi Minum Kopi Hitam

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Ilustrasi (Pixabay)

Minum kopi tanpa menambahkan gula dapat mengurangi kemungkinan penyakit jantung dan peradangan, sehingga menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kopi menurunkan risiko stroke sebesar 20 persen. 

2. Membantu penurunan berat badan

Ilustrasi (Pixabay)

Mengkonsumsi kopi tanpa gula dapat membantu Anda membakar lemak dengan meningkatkan metabolisme tubuh. Kafein telah terbukti membantu dalam proses pembakaran lemak dan telah terbukti meningkatkan laju metabolisme sebesar 3 hingga 11 persen. Sebuah penelitian menunjukkan efektivitas kafein dalam proses pembakaran lemak sebanyak 10 persen pada orang gemuk dan 29 persen pada orang kurus.

3. Meningkatkan memori

Ilustrasi (Pixabay)

Manfaat lain dari minum kopi tanpa pemanis adalah membantu meningkatkan fungsi memori dengan membantu otak tetap aktif. Ini mengaktifkan saraf otak dan mengurangi kemungkinan penyakit Alzheimer dan demensia. Penelitian telah menunjukkan bahwa minum kopi dapat menurunkan penyakit Alzheimer hingga 65 persen.

Baca juga: Rutin Minum Kopi Bikin Wanita Terhindar dari Kanker Payudara

4. Mengurangi risiko diabetes

Ilustrasi (Pixabay)

Minum kopi dengan gula meningkatkan risiko diabetes Anda, terutama diabetes tipe 2. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa orang yang minum kopi hitam tanpa gula memiliki risiko 23 hingga 50 persen lebih rendah terkena penyakit ini. Penderita diabetes juga harus menghindari kopi yang sarat gula karena mereka tidak dapat mengeluarkan cukup insulin.

5. Melawan depresi

Ilustrasi (Pixabay)

Wanita yang minum lebih dari 4 cangkir kopi per hari, memiliki risiko 20 persen lebih rendah mengalami depresi. Alasannya karena kafein, stimulan alami yang merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan kadar dopamin. Peningkatan kadar dopamin menghilangkan gejala depresi dan kecemasan, dan karena ini orang cenderung untuk bunuh diri.

6. Menurunkan risiko kanker

Ilustrasi (Pixabay)

Kopi hitam dapat mencegah risiko kanker hati dan usus besar. Minum kopi hitam dapat mengurangi risiko kanker hati hingga 40 persen. Studi lain juga menemukan bahwa orang yang minum 4-5 cangkir kopi per hari memiliki penurunan risiko kanker usus sebesar 15 persen. Konsumsi kopi juga dikenal dapat mengurangi risiko kanker kulit.

Tim Pantau
Editor
Tatang Adhiwidharta
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: