Lagi Diet? Ini 5 Menu Makan Malam Enak Rendah Kalori

Sup Sayuran . Foto : (Pixabay)

Pantau – Menu makan malam untuk diet tidak hanya bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan gizi, tapi juga membuat kamu kenyang sehingga tidak makan berlebihan. Lantas, apa saja menu makan malam yang simple untuk diet yang bisa membantu kamu menurunkan berat badan?

1. Pasta campur sayuran

Seperti makanan gandum utuh lainnya, pasta yang terbuat dari gandum utuh, spelt, beras merah atau biji-bijian lainnya menyediakan serat, protein, dan vitamin B dalam jumlah yang banyak. Jangan lupa menambah sayuran agar porsi menjadi lebih banyak namun juga tinggi serat dan tidak menambah kalori. 

2. Capcay

Menu chinese food favorit banyak orang ini juga bisa dijadikan pilihan makan malam rendah kalori yang baik untuk diet. Kamu bisa memilih capcay dengan atau tanpa kuah, alias sesuai selera. Adanya kombinasi berbagai jenis sayuran, daging ayam dan telur pada capcay mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

3. Telur rebus

Dalam satu butir telur rebus, terkandung sekitar 72 kalori, 6 gram protein, dan beragam vitamin dan mineral penting. Dengan mengonsumsi telur untuk makan malam, akan membuat kamu merasa kenyang. 

4. Sup sayuran

Melansir laman healthline, beberapa penelitian menunjukkan bahwa sup lebih mengenyangkan daripada makanan padat. Sayuran berbonggol dari keluarga cruciferous seperti kol, brokoli, dan kembang kol termasuk jenis sayuran yang padat akan serat bagus untuk diolah menjadi sup sayur. Namun yang perlu diingat jangan mengonsumsi cream soup, mengingat jumlah kalorinya yang tinggi.

5. Ikan

Penelitian menunjukkan dengan meningkatkan asupan protein dapat menurunkan nafsu makan dan menurunkan kadar ghrelin. Terlebih lagi, protein ikan bermanfaat untuk mengurangi tingkat rasa lapar dan nafsu makan. Kamu bisa memilih ikan tanpa lemak, seperti ikan cod, halibut, atau ikan berkalori sedikit lebih tinggi seperti salmon, sarden, arau mackerel. 

Tim Pantau
Editor
Annisa Indri Lestari