Langit Ancol Mendung, Warga Tetap Antusias Sambut ‘Super Blue Blood Moon’

Masyarakat padati Ancol untuk menyaksikan 'Super Blue Blood Moon' (Foto: Pantau.com/Lilis Varwati)Masyarakat padati Ancol untuk menyaksikan 'Super Blue Blood Moon' (Foto: Pantau.com/Lilis Varwati)

Pantau.com – Fenomena gerhana bulan total langka atau ‘Super Blue Blood Moon’ terjadi malam ini, Rabu (31/1/2018). Penampakan langka itu bisa dilihat di berbagai tempat, salah satu di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara.


Pengamatan Pantau.com, pukul 19.30 WIB, awan mendung menutupi langit Ancol. Namun, masyarakat tetap memadati di kawasan Dermaga, Ancol.


Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga turut mengadakan nonton bareng bersama para siswa dari Sekolah Rakyat Ancol. Dua teleskop disiapkan BMKG bagi para siswa juga pengunjung untuk melihat lebih detail kawah bulan.


Baca Juga: ‘Super Blue Blood Moon’ Mulai Menampakkan Diri di Jakarta


Masyarakat padati Ancol untuk menyaksikan ‘Super Blue Blood Moon’ (Foto: Pantau.com/Lilis Varwati)


Salah satu siswa Sekolah Rakyat Ancol, Rega mengaku dirinya sangat antuas untuk melihat gerhana. “Iya soalnya ini kan langka. Katanya cuma ada 150 tahun sekali. Jadi penasaran,” tuturnya.


Hal serupa juga disampaikan Lina, warga Bekasi, bersama keluarganya ia sengaja datang ke Pantai Ancol untuk melihat gerhana Super Blue Blood Moon lebih jelas. Ia bahkan telah tiba di pantai Amcol sejak sore tadi. “Penasan mau liat bulan warna merah kaya apa sih,” kata Lina.


Berdasarkan perhitungan astronomi, gerhana bulan total akan terjadi pukul 19.48 WIB sampai 21.08 WIB. Dan berakhir pada pukul 21.08 WIB hingga pukul 22.11 WIB.


Baca Juga: Mau Potret ‘Super Blue Blood Moon’ Pakai Ponsel? Pasang Aplikasi Teleskop Ini

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta