Pantau Flash
4,99 Juta Warga Telah Terima BLT Dana Desa
Polda Metro Tangkap Tersangka Penyebar Video Asusila Mirip Syahrini
Menristek Sebut Pembuatan Vaksin COVID-19 Masih Tahap Awal
Gantikan Helmy Yahya, Iman Brotoseno Resmi Dilantik Sebagai Dirut TVRI
Menuju 'New Normal', Magelang Akan Perketat Protokol Kesehatan

Luna Maya dan Via Vallen Terancam Dipenjara Terkait Film 'Aladdin'

Luna Maya dan Via Vallen Terancam Dipenjara Terkait Film 'Aladdin' Luna Maya dan Via Vallen (Pantau.com/Amin H. Al Bakki)

Pantau.com - Film 'Aladdin' yang saat ini tengah tayang di bisokop sedang menjadi buah bibir. Film yang sempat populer di era 90-an lewat versi kartun-nya, kini kembali meraih sukses besar dengan versi live action.

Baca juga: Saat Umroh Via Vallen Berdoa Minta Jodoh

Namun, dibalik film 'Aladdin' yang tengah banyak diperbincangkan, terselip dua nama selebritis Indonesia yang juga menjadi sorotan terkait film yang dibintangi Will Smith itu. Luna Maya dan Via Vallen terancam mendapatkan masalah hukum setelah dengan sengaja mengunggah cuplikan film 'Aladdin' di akun Instagram-nya.

Via Vallen yang telah menonton film 'Aladdin' sempat merekam beberapa adegan dan mengunggahnya melalui Instagram Story. Salah satu adegan yang diunggah Via Vallen adalah saat Aladdin dan Putri Jasmine sedang terbang mengendarai permadani ajaibnya. 

Serupa dengan Via Vallen, Luna Maya pun mengunggah cuplikan adegan film 'Aladdin' yang sengaja di rekam saat menonton film tersebut. Adegan film 'Aladdin' yang diunggah Luna Maya melalui Instagram Story-nya sama dengan yang diunggah Via Vallen. 

Mengacu pada Undang-Undang, Luna Maya dan Via Vallen telah melakukan pelanggaran UU No.28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta dan UU No.11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Eklektronik (ITE).

"Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum dengan cara apa pun mengubah, menambah, mengurangi, melakukan transmisi, merusak, menghilangkan, memindahkan, menyembunyikan suatu Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik milik Orang lain atau milik publik," seperti yang tercantum pada Pasal 32 ayat 1 UU ITE.

Baca juga: Dituding Tak Harmonis, Ayu Ting Ting Bantah Berseteru dengan Luna Maya

Atas kejadian tersebut, menurut Undang-Undang yang berlaku, Luna Maya dan Via Vallen terancam penjara paling lama delapan tahun dan/atau denda paling banyak Rp2 Miliar.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty

Berita Terkait: