Main HP Sambil Makan, Ternyata Bikin Perut Buncit. Ini Solusinya!

Headline
Ilustrasi . Foto : (Pixabay)

Pantau – Makan tanpa gangguan bisa jadi membosankan bagi sebagian orang. Apalagi sambil menonton adegan film atau serial favorit di televisi tentu lebih asyik sambil menyantap kudapan. Sambil kerja di depan laptop atau komputer pun untuk menghilangkan penat pasti mengudap makanan favorit yang terkadang tidak disadari sudah berapa banyak kalori yang masuk ke tubuh. Sebab makanan melepaskan ‘bahan kimia bahagia’ di otak, seperti halnya hiburan yang berpotensi kecanduan.

Menurut studi yang dipublikasikan di Trends in Food Science & Technology, makan sambil melakukan hal-hal lain seperti bermain HP membuat sinyal yang dikirimkan perut ke otak jadi terganggu. Tak hanya bermain HP tetapi menonton televisi, mendengarkan musik serta bermain komputer sambil makan membuat seseorang sulit konsentrasi karena otak kesulitan menyadari sebanyak apa makanan yang sudah masuk ke tubuh.

Selain itu, orang yang mendapat gangguan saat makan meningkatkan risiko mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan meningkatkan obesitas. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengonsumsi makanan dengan duduk dan fokus menikmati makanan. Berikan perhatian yang lebih pada makanan yang sedang disantap supaya berat badan tetap terjaga. Paling tidak kunyah tiga suap makanan sebelum melakukan hal lain. Aktivitas tersebut dinamakan mindful eating yang bisa membuat rasa puas saat makan. 

Mindful Eating

Menurut para ilmuwan seperti dilansir dari laman cnet,  mindful eating dapat mengalihkan kecenderungan makan berlebihan. Karena benar-benar memaksa seseorang untuk memperhatikan makanan yang dimakan, seberapa banyak porsi makanan dan seberapa cepat waktu menghabiskan makanan. 

Tata cara mindful eating cukup sederhana. Perhatikan saja makanan yang akan dimakan, makan di meja makan yang tidak satu ruangan dengan televisi atau komputer, fokus mengunyah makanan sebelum suapan berikutnya.

Dari kebiasaan mindful eating tersebut, akan bermanfaat bagi kesehatan yaitu ;

  • mengenali isyarat lapar dan kenyang 
  • menurunkan berat badan
  • mengurangi makan secara berlebihan
Tim Pantau
Editor
Annisa Indri Lestari