Pantau Flash
KPK Ingatkan Penyelewengan Anggaran Terkait Korona Bisa Dihukum Mati
Pangeran Charles Sembuh dari Virus Korona
Mitigasi Dampak COVID-19, BI Dukung Penerbitan Perppu No 1 Tahun 2020
10.597 Warga Jabar Sudah Ikut Rapid Test, 409 Ditemukan Positif COVID-19
Di Tengah Wabah Korona, Menteri Edhy: KKP Akan Berikan Layanan Terbaik

Main Smartphone Saat Istirahat Tak Membuat Kinerja Jadi Optimal Lho!

Main Smartphone Saat Istirahat Tak Membuat Kinerja Jadi Optimal Lho! Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Kebanyakan orang mungkin akan berselancar dengan smartphone ketika tengah istirahat kerja. Namun hal tersebut ternyata dinilai tidak mampu meningkatkan kinerja usai beristirahat. 

Penelitian dari Rutgers University, New Jersey, Amerika Serikat coba membuktikan hal tersebut. Penelitian itu menunjukkan jika bermain smartphone ketika waktu jeda bekerja justru membuat otak tidak bisa beristirahat. 

Baca juga: Infografis 5 Profesi yang Memungkinkan Kamu Kerja Sambil Traveling

Melansir dari Studyfind, hasil penelitian itu ditulis dalam Journal of Behaviour. Tim peneliti membagi responden ke dalam dua grup. Setiap grup berisi 42 mahasiswa Rutgers diminta untuk menyelesaikan puzzle untuk membentuk kata-kata.

Saat menjalankan tugas, grup itu terbagi lagi menjadi tiga grup. Yaitu grup yang beristirahat dengan bermain ponsel untuk berbelanja online, grup berbelanja melalui komputer, dan grup terakhir diminta tidak beristirahat sama sekali.

Hasilnya, grup yang bermain smartphone menyelesaikan puzzle 19 persen lebih lama dan merampungkan masalah 22 persen lebih sedikit daripada dua grup lainnya.

Salah satu penulis jurnal Terri Kurtzberg mengatakan masyarakat telah terbiasa menggunakan smartphone, baik saat mengerjakan tugas maupun beristirahat.

Baca juga: Penelitian Sebut Generasi Milenial Lebih Cepat Jenuh dengan Pekerjaannya

“Kami berasumsi tak ada bedanya dengan istirahat lainnya. Tapi, ponsel bisa meningkatkan level distraksi yang membuat orang sulit kembali fokus kepada tugasnya,” kata Kurtzberg.

Berdasarkan penelitian itu juga disimpulkan kalau smartphone menjadi candu dan sering dimainkan oleh orang-orang ketika beristirahat. Akibatnya konsentrasi menjadi terganggu karena melihat notifikasi dan melihat informasi dan berita yang terus mengalir. 

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Lilis Varwati

Berita Terkait: