Makanan Ini Penyebab Vertigo Seperti yang Dialami Rudy Salam Sebelum Meninggal Dunia

Headline
Ilustrasi alkohol. (Shutterstock)Ilustrasi minuman beralkohol. Foto : (Shutterstock)

Pantau – Rudy Salam menghembuskan napas terakhirnya di usia ke 73 tahun pada Jumat, 18 November pukul 06.04 WIB di RS Harum.

Menurut pengakuan sang istri, Marina Gardena, awalnya Rudy Salam sempat terkena vertigo. Rasa pusing yang terus menyerang akibat vertigo itu pun membuat Rudy merasa depresi dengan kondisi kesehatannya.

Dari situ kondisi Rudy Salam terus merosot, hingga dia memutuskan untuk lebih banyak berbaring.

“Awalnya itu vertigo. Lama-lama dia sakit,” kata Marina di Rumah Duka PGI Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (18/11/2022).

Apa itu Vertigo?

Berdasarkan data epidemiologi, vertigo merupakan salah satu kondisi kesehatan neurologi yang paling sering terjadi. Secara global, insiden tahunan vertigo yang dilaporkan adalah sebesar 1,4%.

Tercatat angka prevalensi vertigo pada dewasa usia 18-79 tahun dalam seumur hidupnya mencapai 7.4% dan angka insidensi tahunan sebesar 1.4% dengan angka kejadian lebih tinggi pada wanita dibandingkan pria.

Gejala umum dari vertigo di antaranya pusing kepala, dunia seakan berputar-putar, kehilangan keseimbangan, mual dan muntah, keringat berlebih, sakit kepala, gerakan mata tak normal dan telinga berdenging.

Biasanya, vertigo akan hilang dan timbul. Artinya, kondisi ini mungkin saja tidak menetap. Namun, saat muncul, bisa berlangsung selama beberapa menit, jam, atau bahkan hari.

Lantas jika sudah didiagnosis dengan vertigo, cara mengobatinya dapat dengan mengonsumsi obat-obatan, rehabilitasi, dan perubahan gaya hidup. Perubahan gaya hidup ini dapat berupa memberi asupan gizi baik untuk tubuh dan menghindari makanan penyebab yang membuatnya kambuh.

Mengutip Klik Dokter, berikut adalah beberapa makanan penyebab vertigo kambuh yang perlu kamu ketahui:

1. Makanan dan Minuman Tinggi Gula

Pilihan jenis karbohidrat yang sebaiknya dikonsumsi adalah yang bersifat karbohidrat kompleks. Misalnya gandum utuh, nasi merah, dan brokoli. Sebaiknya hindari yang mengandung gula sederhana dan terlalu manis. Contohnya roti, permen, dan sirup fruktosa.

2. Makanan yang Mengandung Tiramin

Salah satu makanan pantangan bagi penderita vertigo adalah yang mengandung tiramin. Tiramin adalah asam amino yang diketahui dapat memicu migrain serta kondisi lain yang dapat menyebabkan posing dan vertigo. Contoh makanan yang mengandung tiramin, yaitu anggur merah, hati ayam, serta daging asap.

3. Makanan Tinggi Garam

Makanan tinggi garam bisa menjadi penyebab vertigo kambuh. Contohnya pizza, sandwich, puding instan, keju cottage, dan salad dressing. Pasalnya, garam dapat memengaruhi kadar air dalam tubuh serta pengaturannya. Karena itu, mengurangi asupan garam penting untuk mengurangi frekuensi serangan vertigo.  

4. Kafein

Kurangilah mengonsumsi kafein, seperti kopi dan teh. Kafein merupakan salah satu stimulan yang bisa memicu dengung yang lebih besar di telinga. Selain itu, karena kafein memiliki sifat diuretik, tubuh dapat kehilangan banyak cairan melalui urin.

5. Alkohol

Mengonsumsi alkohol, apalagi berlebihan, dapat memengaruhi komposisi cairan di telinga dalam. Pada akhirnya, hal tersebut dapat menyebabkan telinga mengirimkan sinyal yang bertentangan ke otak. Alhasil, vertigo kamu bisa kambuh.

 

Tim Pantau
Editor
Annisa Indri Lestari