Pantau Flash
Anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris Positif COVID-19
Tim SAR Kerahkan 4 Helikopter ke Paniai Evakuasi Heli PT NUH
Total Kasus Positif di Lingkungan KPK Mencapai 115 Orang
Pesawat Dabi Air Ditembaki di Bandara Bilogai Papua oleh KKB
Belum Bayar Utang ke Negara, Bambang Trihatmodjo Dicegah ke Luar Negeri

Masih Susah Move On? 5 Tips Mujarab Lupakan Mantan Ini BIsa Kamu Coba

Masih Susah Move On? 5 Tips Mujarab Lupakan Mantan Ini BIsa Kamu Coba Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Berbicara soal menjalin hubungan dengan seseorang dengan lawan jenis atau yang biasa kita sebut pacaran pastinya pernah merasakan bagaimana rasanya jadi mantan pacar.

Nah di antara kalian pasti pernah kan ingat hal tentang mantan pacar? 

Tak bisa dipungkiri, kadang kita terlalu asik mengkhayal tentang masa-masa lalu, mengingat kenangan saat tengah bersama dengan mantan pacar yang membekas. Saking asyiknya, hingga kita sendiri tidak sadar bila kita sudah hidup di masa sekarang, dan menjalani kehidupan dengan fase yang berbeda lagi. Pada dasarnya mengingat kenangan masa-masa lalu bukanlah sebuah hal yang dilarang selama kalian tidak terbawa dengan suasana.

Jadi, gimana sih cara melupakan mantan dengan cepat atau orang yang pernah ada di dalam hati kita dulu? mungkin cara-cara berikut ini bisa sedikiti membantumu untuk lebih move on dari sang mantan.

1. Sibukkan dengan Aktivitas yang Digemari


Traveling. (Foto: Pixabay)

Salah satu cara melupakan seorang mantan yang sebenarnya masih kita sayangi adalah terus menyibukkan diri sendiri dengan melakukan berbagai macam aktivitas yang membuat kamu sibuk dan tidak sempat memikirkan diri sendiri atau melamun. 

Caranya bisa saja kamu melakukannya dengan kumpul-kumpul bersama teman-teman, melakukan hobby yang kamu sukai, traveling, membaca atau berkumpul bersama keluarga. Dan akan lebih baik lagi jika kamu mau berolahraga. Karena olahraga bisa menyehatkan badan yang juga bisa mempengaruhi pikiranmu agar menjadi positif dan secara otomatis maka kamu akan bahagia.

Baca juga: Waspada! 5 Tanda Kamu Berpacaran dengan Seorang Psikopat

2. Batasi Interaksi dengan Mantan


Ilustrasi kesndirian. (Foto: Pixabay)

Bagaimana jika ternyata mantan adalah teman satu kelas, satu kampus atau satu tempat kerja? Sebaiknya hindari atau jangan terlalu sering berdekatan atau bahkan mengupayakan untuk berinteraksi. Dengan kamu mencoba untuk berinteraksi justru akan kembali memperkuat keinginan kamu untuk kembali bersama dia.

Selain itu hindari juga upaya untuk sekedar menanyakan kabar dengan menelepon atau via chatting karena juga akan membuat kamu sulit keluar dari kenangan yang ada. Namun jika memang kamu sudah menganggap lewat kenangan yang ada pembatasan interaksi sudah tidak berlaku lagi.

3. Perbanyak Berinteraksi dengan Orang Baru


Ilustrasi berkumpul dengan teman. (Foto: Pixabay)

Cara lainnya bisa dicoba yakni dengan menambah interaksi dengan orang baru. Selain bisa menambah relasi, ada kemungkinan atau peluang nantinya kamu akan menemukan jodoh baru. Mencoba terbuka hatinya selebar mungkin dengan siapapun, dan jangan terlalu menutup hati. 

Baca juga: 5 Langkah Penting yang Harus Dilakukan Jika Orang Terdekat Mendidap HIV/AIDS

4. Hindari Hal-hal yang Membuat Teringat Mantan


Ilustrasi kenangan. (Foto: Pixabay)

Menutup  atau block semua akun  media sosial mantan bisa menjadi salah satu solusi keluar dari jebakan kenangan mantan. Mungkin cara ini terlihat seperti terlalu kejam dan tega. Namun cara ini bia mejadi langkah efektif karen kita tidak akan bisa mendapatkan informasi sedikitpun soal dia.

 Andaikan tiba-tiba dia mengupdate statusnya dan muncul di berandamu akan membuat kamu jadi teringat lagi dan hal ini akan membuat kamu semakin sulit untuk melupakan dia. Selain itu bisa juga dengan meyimpan dan memasukkan seluruh barang pemberian mantan ke dalam sebuah tempat atau kardus yang tak akan lagi terlihat oleh kita.

5. Hindari Sendiri dalam Waktu Lama


Ilustrasi stres. (Foto: Pixabay)

Saat berada dalam kesendirian dan tidak melakukan aktivitas apapun inilah justru akan membuat pikiran akan terus memutar ingatan dan kenangan saat bersama dia. Hal ini tentu saja akan membuat kamu semakin susah untuk melupakannya.

Jangan biarkan dirimu berada dalam kesendirian dalam waktu yang lama. Bila memang kamu merasa harus menyendiri, lakukanlah sesuatu dan jangan biarkan dirimu berdiam diri saja. Kamu bisa mencoba menghabiskan waktu dengan membaca, menonton film, mendengarkan musik, atau hal yang lebih bermanfaat seperti mengerjakan tugas-tugas dan kewajibanmu.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - SIG

Berita Terkait: