Pantau Flash
Hasil Survei: Ahok Unggul Atasi Banjir-Macet Ketimbang Anies
Ahsan/Fajar Bawa Indonesia Juara Badminton Asia Team Championships 2020
Andre Rosiade Grebek Prostitusi Online, Gerindra: Itu Tidak Salah
5.518 SPBU Akan Dipasang Digital Nozzle
Menko Luhut Beberkan Upaya Indonesia Tekan Defisit Perdagangan

Mata Menjadi Merah Usai Berenang? Ternyata Inilah Penyebabnya

Mata Menjadi Merah Usai Berenang? Ternyata Inilah Penyebabnya Ilustrasi Berenang. (Foto: sciencefriday)

Pantau.com - Selama ini, mata merah usai berenang diyakini sebagai efek dari bahan kimia yang ada di air dalam kolam renang. Tapi faktanya, penyebabnya lebih mengerikan loh.

Mata yang gatal, panas, dan merah bukanlah efek dari klorin atau kaporit yang digunakan untuk membasmi kuman dalam air kolam renang tapi justu karena urin.

The Centers for Disease Control baru-baru ini bergabung dengan Water Quality and Health Council dan National Swimming Pool Foundation untuk program Healty Swimming mereka. Program ini memiliki tujuan untuk mendidik masyarakat tentang manfaat kesehatan dari berenang dan memberikan tips tentang keamanan air.

Baca Juga: Kedutan Mata Kanan Bawah

Dalam laporannya, mereka pun menghapus kesalahpahaman umum tentang kaporit di kolam renang umum. Kaporit bukanlah penyebab terjadinya iritasi, setidaknya bukan hanya kaporit.

“Ini justru sebaliknya. Kaporit mengikat dengan segala hal dan mencoba untuk membunuh dari tubuh, dan membentuk iritasi kimia ini,” kata Dr. Michael J. Beach. “Itulah yang menyengat mata, kaporit yang mengikat urin dan keringat.”

Baca Juga: Firasat Bersin

Jadi kesimpulannya, mata yang terasa terbakar dan teriritasi adalah efek mata yang berkontak langsung dengan urin! Mungkin ada baiknya jika ingin berenang, pakailah kaca mata renang.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - ANU
Category
Ragam

Berita Terkait: