Pantau Flash
Luhut Klaim Sektor Pariwisata Bisa Pulih dalam 10 Bulan Akibat COVID-19
Kemnaker: Ada 1,7 Pekerja Terdampak Pandemi COVID-19
Kemenkes Tegaskan Imunisasi Harus Jalan Selama Pandemi Korona
Jusuf Kalla: Fatwa MUI DKI 2001 Perbolehkan Salat Jumat 2 Gelombang
Gugus Tugas: Skema Herd Immunity Butuh Waktu yang Lama

Mata Tegang Akibat Layar Gadget? Kamu Perlu Jajal 5 Tips Ini

Mata Tegang Akibat Layar Gadget? Kamu Perlu Jajal 5 Tips Ini Ilustrasi Menatap Layar. (Foto: iStock)

Pantau.com - Terlalu lama menatap layar komputer ataupun gadget bisa membuat mata menjadi tegang, sehingga tidak heran kalau tiba-tiba mata kamu sering berkedut bahkan hingga terasa sakit.

Studi menunjukkan bahwa ada prevalensi gejala visual dan faktor ketegangan mata pada sekelompok penderita sakit kepala kronis. Gejala-gejala visual yang diteliti adalah gejala yang tidak spesifik untuk sakit kepala, yaitu sensitivitas terhadap penglihatan yang terang dan kabur.

Agar mata tak tegang, berikut lima tips yang bisa kamu lakukan seperti dilansir dari Antara:

1. Hindari Cahaya Berlebihan

Cahaya yang berlebihan menjadi salah satu alasan utama mengapa mata menjadi tegang. Saat menggunakan komputer ataupun gadget, cahaya yang ada harus setengah lebih terang daripada cahaya di sekeliling kamu.

Baca Juga: Jaga Kesehatan Mental Dengan Rajin Konsumsi Buah dan Sayur

2. Sering Berkedip

Berkedip memang seringkali diremehkan dan jarang orang memperhatikan hal itu. Namun melakukan kedipan mata dengan teratur efektif untuk menghindari ketegangan mata. Cara ini mengistirahatkan mata dan membuatnya tidak kering.

3. Istirahatkam Mata Setiap 20 Menit

Istirahatlah mata dari komputer setiap 20 menit membantu mengurangi ketegangan mata. Cara ini juga membantu merehidrasi kembali mata dan juga membuat kamu tetap fokus. Istirahatkan selama satu hingga dua menit sudah cukup untuk mengurangi risiko ketegangan mata.

Baca Juga: Konsumsi Makanan Ini, Kamu Bisa Lawan Efek Buruk Polusi Udara

4. Lakukan Senam Mata

Sebagian ahli mengatakan senam mata bisa membantu memperkuat otot-otot mata Anda dan menjaga agar tak kering. Anda bisa memutar mata perlahan-lahan ke arah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam. Lakukan lima set masing-masing dan ulangi ini beberapa kali dalam sehari.

5. Atur Kecerahan Layar

Aturlah kecerahan layar pada gadget yang kamu gunakan untuk menghindari ketegangan mata. Kontrol kecerahan dan kontras harus dikonfigurasi dengan benar agar tidak melukai mata. Jangan terlalu terang tapi tidak juga terlalu redup, sesuaikan dengan ruangan disekitar kamu agar mata tidak bekerja terlalu keras sehingga mata tidak mudah lelah.

Tim Pantau
Editor
Kontributor - ANU
Penulis
Kontributor - ANU