Mau Ajak Anak Pelesiran ke Luar Negeri? Baca Tips Ini

Ilustrasi liburan bareng anak (Foto: happygreylucky.com)Ilustrasi liburan bareng anak (Foto: happygreylucky.com)

Pantau.com Tiap orangtua pasti ingin mengajak anak-anaknya liburan. Entah plesiran di dalam negeri, atau ke luar negeri.

Jika pilihan liburan ke luar negeri, maka perlu banyak persiapan. Belum lagi memikirkan kebutuhan buah hati. Ada banyak yang harus diperhatikan.

Tentu kamu tidak ingin kan rencana liburan malah jadi kegiatan yang merepotkan. Nah, berikut beberapa tips mempersiapkan liburan bersama anak dan jadi kegiatan yang menyenangkan.

1. Perhatian musim di negara tujuan


Penting memperhatikan musim yang terjadi di negara tujuan. Tentu tidak ingin kan liburan kamu gagal. Salah satu yang bikin gagal plesiran adalah saat cuaca hujan. Kamu perlu memikirkan alternatif tujuan lain, jika tempat yang dituju sedang hujan. Seperti memilih tempat yang di dalam ruangan.

2. Pikirkan apakah anak bisa dibawa kemanapun


Bila kamu memiliki lebih dari satu anak, perlu diperhatian apakah anak-anak bisa diajak pergi kemana saja. Salah satu cara agar tidak repot adalah dengan membawa stoller atau kereta anak.

Yang perlu diperhatikan lagi adalah kereta anak harus ringan, mudah dibawa dan ada pelindung untuk cuaca panas serta hujan.

3. Bawa makanan ringan sehat


Tentu kamu tidak ingin kan anak-anak selalu diberi makanan cepat saji saat liburan. Selain kurang sehat, belum tentu anak-anak suka dengan makanan tersebut.

Cara terbaiknya adalah membawa makanan sehat saat dalam perjalanan, seperti buah-buahan. Selain tidak repot, anak-anak pasti suka buah-buahan.

4. Pilih baju yang tepat


Penting memilih baju yang akan dibawa saat liburan. Jika negara tujuan memiliki cuaca yang dingin, maka kamu harus membawa pakaian hangat. 

Ilustrasi liburan bareng anak (Foto: mothering.com)


5. Pilih barisan pertama di pesawat


Jika pilihan transportasi liburan kamu dengan pesawat terbang, maka kamu sebaiknya memilih duduk di baris pertama. Kenapa? Karena baris pertama memiliki ruang yang lebih besar. 

6. Jangan takut cuaca dingin


Jangan takut dengan cuaca dingin di negara tujuan liburan. Banyak tempat yang malah lebih indah saat musim dingin seperti salju. Persiapan yang matang akan membuat liburan kamu dan anak-anak jadi menyenangkan.

7. Ciptakan momen indah bersama anak


Penting menciptakan momen indah bersama anak saat liburan. Kunjungi tempat-tempat indah bersama anak dan berfoto lah. Itu akan jadi kenangan indah bagi anak-anak.

8. Pilih penginapan dekat dengan objek wisata


Usahakan kamu menginap di dekat lokasi wisata. Cara ini penting agar kamu tidak lelah saat pergi ke lokasi wisata. Belum lagi ketika tiba-tiba anak rewel, kamu bisa dengan cepat kembali ke penginapan.

9. Jaga kesehatan sebelum pergi liburan


Tentu kamu tidak ingin kan liburan jadi berantakan karena ada anggota keluarga sedang sakit. Selain itu, berobat di luar negeri biaya mahal, dan belum tentu asuransi kamu bisa dipakai.

Cara terbaiknya adalah menjaga kesehatan sebelum plesiran. Seperti makan teratur, tidak begadang dan rajin minum vitamin.

Tim Pantau
Editor
Tommy Adi Wibowo