Mau Potret ‘Super Blue Blood Moon’ Pakai Ponsel? Pasang Aplikasi Teleskop Ini

Ilustrasi teleskop (Foto: BBC)Ilustrasi teleskop (Foto: BBC)

Pantau.com – Fenomena gerhana bulan total langka atau Super Blue Blood Moon’ bakal terjadi pada Rabu malam (31/1/2018), hanya tinggal beberapa jam lagi.


Untuk melihat secara jelas fenomena langka itu dibutuhkan teleskop. Namun, kamu tak perlu khawatir, ada beberapa aplikasi teleskop di smartphone atau ponsel pintar yang bisa diunduh secara gratis.


Di Google Play Store ada beberapa aplikasi teleskop yang ditemukan. Seperti Telescope 45x Zoom, Big Zoom Telescope Pro, Telescope Zoomer dan Zoome In+.


Tapi, sayangnya di aplikasi Telescope 45x Zoom, jika zoom dilakukan hingga 45 kali, maka kualitas tangkapan gambar akan menurun. Selain itu, kamu juga harus pakai tripod karena gambar sangat mudah goyang. 


Baca Juga: Begini Trik Motret Fenomena Langka ‘Super Blue Blood Moon’ Pakai Smartphone 


Ilustrasi Super Blue Blood Moon (Foto: The Sun)


Menariknya, di aplikasi ini ada fitur video yang bisa merekam detik-detik terjadinya gerhana bulan.


Kemudian, di aplikasi Big Zoom Telescope Pro, kualitasnya lebih baik dan stabil dalam urusan mengambil gambar. Kurangnya, aplikasi ini tidak dilengkapi fitur video.


Hal yang sama juga ditemui di aplikasi Telescope Zoomer dan Zoome In+. Fiturnya tidak jauh berbeda dengan dua aplikasi lainnya.


Jadi, jika kamu tidak memiliki teleskop atau teropong, tidak ada salahnya menggunakan aplikasi teleskop yang ada di smartphone.


Baca Juga: Catat! Ini Waktu Terbaik Melihat Penampakan ‘Super Blue Blood Moon’

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta