Megawati Resmi Tunjuk Ganjar Pranowo Jadi Capres PDIP, Cek Faktanya

Headline
Beredar kabar Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri resmi menunjuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden untuk pemilu 2024. (turnbackhoax.id)Beredar kabar Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri resmi menunjuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden untuk pemilu 2024. (turnbackhoax.id)

Pantau – Beredar kabar Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri resmi menunjuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden untuk pemilu 2024.

Kabar ini di media sosial Facebook dengan nama Skyhigh. Dalam unggahannya menampilkan gambar judul sebuah video dengan klaim bahwa Megawati telah resmi menunjuk Ganjar sebagai calon presiden Indonesia di pemilu 2024.

Narasi dalam unggahan ini juga menambahkan bahwa Megawati mengucapkan pernyataan ini dengan emosional.

Narasi:

“RESMI TUNJUK GANJAR.! PEMER!NTAH M4R4H BESAR, LAKUKAN TIND4KAN INI ~ JOK0WI, MEGAWATI,PUAN MAHARANI”

Penjelasan

Namun setelah ditelusuri, dilansir turnbackhoax.id, Kamis (30/6/2022), ternyata tidak ditemukan sama sekali adegan Megawati mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden untuk pemilu di tahun 2024 mendatang.

Video ini ternyata berisi kumpulan video-video pendek yang terus diulang dan diisi dengan narasi opini tentang calon presiden dari PDIP.

Di dalam video berdurasi 8 menit 51 detik tersebut terdiri dari kumpulan video yang digabungkan menjadi satu. Seperti video dari Ganjar Pranowo yang mengunjungi Kampung Girpasang dan video arahan dari Puan Maharani pada jajaran pengurus DPC PDIP Boyolali, 19 Januari 2022.

Sampai akhir video, tidak ditemukan pernyataan apapun dari Megawati terkait dengan calon presiden di pemilihan umum tahun 2024 mendatang.

Sampai saat ini pun, Megawati sebagai pemilik hak prerogatif belum mengumumkan siapa capres yang diusung PDIP untuk pilpres 2024.

Kesimpulan

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa klaim judul video yang menyatakan bahwa Megawati telah resmi menunjuk Ganjar Pranowo sebagai calon presiden dari PDIP untuk pemilu 2024 merupakan klaim hoaks kategori misleading content atau konten menyesatkan.

Tim Pantau
Editor
Aries Setiawan