Pantau Flash
Pesan Penuh Haru Pangeran William-Midleton di Tengah Pandemi Korona
Ibu Kota Rusia Moskow Nyatakan Lockdown Hadapi Pandemi COVID-19
Alex Marquez Juara Balapan Virtual MotoGP Seri Pertama
Polda Metro Jaya Pastikan Tak Ada Penutupan Jalan di DKI Jakarta
Musisi Country 90-an, Joe Diffie Meninggal Dunia Akibat Korona

Mengintip Kemeriahan 'Merajut Nusantara 2019', Suguhkan Semangat Persatuan

Mengintip Kemeriahan 'Merajut Nusantara 2019', Suguhkan Semangat Persatuan Merajut Kebangsaan 2019 (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Sejumlah artis dan musikus nasional turut memeriahkan panggung seni dan budaya bertajuk 'Merajut Nusantara' di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Senin malam, 2 September 2019.

Acara ini digelar bertujuan untuk kembali meneguhkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Kegiatan ini merupakan ajang untuk menunjukkan kerukunan budaya meski dari berbagai suku dan daerah yang berbeda. 

Dalam acara itu tak hanya menampilkan konser musik, tapi juga turut menyuguhkan beberapa kesenian tradisional menghibur warga Jakarta dan sekitarnya.

Baca juga: Boom! Ini 6 Tempat Nongkrong Baru di Jakarta Pusat, Bisa Ngopi di Langit

Kegiatan dikemas dalam bentuk pertunjukan budaya lewat tarian dan lagu khas daerah-daerah di Indonesia. Sebab budaya merupakan salah satu unsur utama dalam persatuan bangsa.

Acara dibuka dengan penampilan Inul Daratista yang tampil elok membawakan tembang lagu 'Buaya Buntung', sekitar pukul 20.00 WIB. Setelahnya, penampilan tarian nusantara seperti Tari Kecak dari Bali, Fu Papua, Tari Enggrang dari Kalimantan, dan Tari Ratu Jari dari Aceh turut memeriahkan acara malam itu.


Penonton pun tampak antusias menyaksikan suguhan acara. Para bintang tamu juga tampil memukau dengan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia. Tampak Ria Ricis yang mengenakan pakaian adat Jawa, kemudian Ade Mumu yang mengenakan adat Papua. Disusul Yosi, Nirina, Ellen Aragay, Arie Kriting, dan Ari Daging yang mengenakan pakaian adat daerah lainnya. 

Penyanyi berdarah Papua, Edo Kondologit, tak ketinggalan menyumbangkan suaranya. Edo menyanyikan lagu 'Berkibarlah Negeriku', disusul menyanyikan lagu 'Indonesia Pusaka' bersama para pengisi acara lainnya.


"Malam ini yang jelas acara kita adalah merajut nusantara, artinya kita menginginkan bangkit kembali keIndonesiaan kita bahwa kita Indonesia ini beragam, acara kita malam ini menampilkan budaya Indonesia dari barat sampai ke timur, artinya kita semua tahu lah keadaan Indonesia hari ini masalah kita kemarin di Papua membuat rasa kebersamaan kita kan terganggu, terusik," ujar Edo.

Baca juga: 8 Kiat Sukses di Kencan Perdana, Jangan Putus Asa Mblo!

"Nah kita mau menunjukkan kita tetap bersaudara ada permasalahan mari kita selesaikan baik-baik, cara akar permasalahan. Budaya kita kan budaya musyawarah mufakat, artinya ada masalah kita omonginlah baik-baik. Dan inilah Indonesia beragam kita, itulah kekayaan kita sebagai bangsa Indonesia," lanjutnya. 

"Inilah kita satu tanah air, marilah kita miliki kebersamaan kita sebagai satu bangsa nusantara," kata Edo.

Konser Merajut Nusantara ini dipandu oleh Yosi Project Pop, Nirina, Ria Ricis, Ari Dagienk, Putri Neke asal Papua, Ivi Batuta, dan Imam Wibowo. Total penari yang berpartisipasi 180 orang, sementara musisi tradisional sekitar 30 orang.

Di akhir acara, seniman dari berbagai penjuru Nusantara ini mendeklarasikan persatuan Indonesia. Mereka berharap seluruh rakyat Indonesia hidup rukun berdampingan.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Kontributor - TIH