Pantau Flash
Seluruh Kecamatan di Kota Medan Masuk Zona Merah COVID-19
PSBB Bodebek Kembali Diperpanjang hingga 2 Juli 2020
Nihil Kasus Baru di 6 Provinsi, Positif COVID-19 di Indonesia 29.521 Kasus
PSBB di Kota Bekasi Diperpanjang hingga 2 Juli 2020
PSBB Masa Transisi, Gojek: Driver Dapat Layani Penumpang 8 Juni

Menu Sarapan yang Tak Penuhi Serat Tubuh, Nomor 5 Pasti Sering Dikonsumsi

Menu Sarapan yang Tak Penuhi Serat Tubuh, Nomor 5 Pasti Sering Dikonsumsi Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Sebagian orang mungkin tidak bisa melewatkan waktu sarapan setiap harinya. Tidak sedikit juga penelitian yang sudah mengungkapkan manfaat sarapan bagi tubuh. 

Tapi sarapan juga bukan sekadar mengisi perut agar tak lapar sebelum jam makan siang tiba. Melansir dari Webmd, penentuan menu sarapan juga harus tepat agar memenuhi kebutuhan zat oleh tubuh. 

Nah, pantau.com telah merangkum sejumlah makanan yang tidak dianjurkan sebagai menu sarapan karena dinilai kurang memenuhi kebutuhan zat tubuh. 

1. Roti bakar dengan mentega

Sebagian orang mungkin sering menjadikan roti bakar sebagai menu sarapan. Tapi nyatanya makanan ini kurang baik untuk sarapan. Karena kandungan tepung terigu pada roti hanya mencakup sedikit nutrisi dan serat. Penambahan mentega juga tidak baik untuk tubuh karena mengandung lemak trans yang tidak sehat bagi tubuh. Roti bakar lebih cocok untuk sarapanmu jika tidak menggunakan mentega dan ditambah sayur juga telur.

Baca juga: Santap Makanan Protein Tinggi Lebih Baik Ketimbang Karbohidrat

2. Yogurt rendah lemak

Yogurt rendah lemak biasanya mengandung gula artifisial yang tinggi. Kandungan gula yang tinggi bisa menyebabkan gula darah dan diabetes. Sedangkan lemak yang terkandung dalam yogurt justru tak bisa diperoleh secara maksimal oleh tubuh.

Lemak berfungsi untuk membuat tubuh kenyang lebih lama. Jika ingin sarapaan kamu sehat, makanlah yogurt tawar dan ditambah kacang-kacangan atau buah-buahan segar sebagai pendamping yogurt.

3. Oatmeal instan

Membuat oatmeal memang tak butuh waktu lama. Tapi oatmeal instan mengandung kadar gula buatan yang tinggi. Selain itu, kandungan seratnya juga sangat rendah. Hal itu tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan sarapan. 

4. Minum kopi

Mungkin ada sebagian orang yang tidak bisa kalau tak minum kopi saat pagi hari. Bahkan menjadikannya menu sarapan yang terkadang tak didampingi dengan makanan lain. Perlu diketahui bahwa minum kopi tidak mencukupi asupan gizi untuk memulai hari. Kandungan zat lain tetap dibutuhkan seperti asupan karbohidrat, protein, serat dan berbagai vitamin. Sebaiknya, setelah terpenuhi asupan tersebut baru bisa mengonsumsi kopi.

Baca juga: Sebelum Sarapan Makanan Instan, Sebaiknya Baca Dulu Labelnya

5. Gorengan

Makanan satu ini memang selalu nikmat dimakan kapan pun. Tapi sudah sebaiknya dikurangi apalagi menghentikannya jadi menu sarapan. Karena kandungan minyak yang tinggi tidak baik untuk tubuh. Agar sarapan lebih sehat sebaiknya memasak makanan berkuah agar kebutuhan air tubuh juga terpenuhi.


Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Lilis Varwati

Berita Terkait: