Pantau Flash
KPK Tetapkan Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin Tersangka
Covid-19 RI 16 Oktober: Kasus Positif Naik 997 dengan Pasien Sembuh 1.525
Buntut Kabur Karantina, Polda Metro Jaya Bakal Periksa Rachel Vennya 21 Oktober
Polda Metro Gerebek Holywings Tebet, Ada Ratusan Orang Masih Berkerumun
Jokowi Ogah Manjakan BUMN Sakit: Terlalu Sering Dapat Proteksi, Maaf Enak Sekali

Minum 2 Gelas Air Putih Sebelum Makan Dapat Menurunkan Berat Badan

Minum 2 Gelas Air Putih Sebelum Makan Dapat Menurunkan Berat Badan Minum Air Putih. (Foto: awsimages)

Pantau.com - Hasil penelitian dari Nutrition Sciences di Berlin School of Public Health, Charite University Hospital mengungkapkan bahwa, dengan minum dua gelas air putih sebelum makan ternyata mampu menurunkan berat badan sebanyak empat pound atau sekitar  1,81 kilogram.

Penemuan lain juga menyatakan jika orang yang minum setidaknya satu liter air per hari bisa menurunkan berat badan lebih banyak dari yang tidak. namun mereka belum menggali lebih dalam mengapa hal tersebut bisa terjadi.

Baca Juga: Apa yang Sebabkan Susu Bisa Redakan Rasa Pedas?

Salah satu teori mengatakan bahwa air membantu kita tetap kenyang, namun ada kemungkinan lain yakni induksi termogenesis air yakni sebuah proses di mana air membuat kita lebih energetik sehingga membakar lebih banyak kalori.

Tentu saja, peneliti mengatakan masih harus dilakukan lebih banyak penelitian guna menemukan kaitan erat antara air dan penurunan berat badan.

Baca Juga: 5 Tanda Kembung Bisa Jadi Masalah Serius Kesehatan, Salah Satunya Kanker

Namun, minum banyak air tetap bagus untuk kesehatan, air membantu mengeluarkan toksin, mengangkut nutrisi ke sel-sel tubuh, dan menyokong semua kerja sistem di dalam tubuh.

Sebaliknya, kurang air akan menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi, yang membuat organ tubuh menjadi stress sehingga dapat menimbulkan pusing, kelalahan, bahkan pingsan.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - ANU

Berita Terkait: