Pantau Flash
Presiden Jokowi Tegaskan Pilkada Serentak 2020 Tidak akan Ditunda
PSBB Jakarta Diperketat, BPJS Ketenagakerjaan Optimalkan Lapak Asik
Bareskrim Polri Kirim SPDP Kasus Kebakaran Gedung Kejaksaan ke Kejagung
Kemendikbud Terbitkan Persekjen 14/2020 Soal Juknis Bantuan Kuota Internet
Enam Jenazah WNI Ditemukan di Pantai Johor Malaysia

Minum Air di Waktu Tertentu Bisa Lebih Bermanfaat Untuk Tubuh Lho!

Minum Air di Waktu Tertentu Bisa Lebih Bermanfaat Untuk Tubuh Lho! Ilustrasi air. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Banyak studi menyebutkan kalau manusia membutuhkan setidaknya 2 liter air untuk kebutuhan tubuhnya dalam satu hari. Selain itu juga dikatakan bahwa 60 persen dari tubuh manusia merupakan air. 

Tentu air menjadi salah satu kebutuhan utama yang harus dipenuhi agar tubuh tetap sehat. Ternyata ada waktu tertentu loh yang baik untuk kita minum air agar manfaatnya betul-betul terasa bagi tubuh. 

Melansir dari timesofindia, ini 6 waktu kamu harus minum agar tetap sehat dan bugar.

1. Saat bangun di pagi hari

Bangun tidur jangan langsung cari handphone. Mulailah hari mu dengan minum segelas air di pagi hari. Hal ini akan bisa membantu untuk menghilangkan racun dari tubuh dan memberikan energi. Minum air dalam suhu normal atau hangat, hindari minum air dingin di pagi hari.

Baca juga: Ini 5 Alasan Kenapa Ibu Hamil Harus Makan Semangka

2. Sebelum makan

Minum air sebelum makan akan membuat kamu meresa lebih kenyang dan mencegah makan berlebihan. Mengonsumsi segelas air sebelum waktu makan akan membangkitkan selera makan dan melembapkan lapiran perut. Cara ini juga membersihkan rasa dari sisa makanan atau minuman sebelumnya.

3. Minum saat lapar

Pernah gak merasa lapar saat benar-benar haus? Jika kami lapar di antara waktu makan, minumlah segelas air untuk melihat apakah sebenarnya kamu mengalami dehidrasi.

4. Sebelum dan sesudah olahraga

Untuk menghindarkan diri dari dehidrasi, minumnya 2-3 gelas air sebelum dan sesudah olahraga. Hal ini akan membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Namun, jangan minum terlalu banyak air dalam waktu yang singkat karena akan menyebabkan kram perut.

Baca juga: Pernah Mimpi Putus Dengan Pacar? Ini Beberapa Maknanya

5. Saat sakit

Tingkatkan asupan air saat sakit. Hal ini tidak hanya akan menghidrasi tubuh, tetapi juga menghilangkan racun dari tubuh dan membantu kamu pulih lebih cepat.

6. Saat lelah

Kalau kamu benar-benar merasa kelelahan dan tidak punya waktu untuk istirahat, maka minumlah segelas air. Terkadang kamu tidak menyadari bahwa kelelahan adalah tanda dehidrasi. Minum air putih akan memberi sedikit dorongan bagi otak, bahkan jika tidak memiliki waktu untuk istirahat.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Lilis Varwati

Berita Terkait: