Pantau Flash
Komisi I DPR: Pelibatan TNI dalam PSBB Diperlukan
Son Heung-min Latihan Perang Kimia
Baleg DPR Agendakan Raker dengan Pemerintah Sebelum Bahas RUU Ciptaker
PSBB DKI Jakarta Berlaku Mulai Jumat 10 April 2020
Laboratorium Rapid Test PCR Korona RSPAD Gatot Soebroto Segera Beropersi

Minum Dua Atau Tiga Cangkir Kopi Sehari, 5 Hal Ini Terjadi pada Tubuhmu

Minum Dua Atau Tiga Cangkir Kopi Sehari, 5 Hal Ini Terjadi pada Tubuhmu Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Ada banyak kesalahpahaman tentang kopi. Beberapa mengatakan bahwa minum kopi baik untuk kesehatan Anda, sementara yang lain berpendapat bahwa kopi dapat berdampak buruk pada kesehatan Anda. Yah, itu semua tergantung pada seberapa banyak yang Anda konsumsi. Mengkonsumsi kopi dalam jumlah sedang sebenarnya dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda, menurut sebuah penelitian yang dikutip dari Boldsky.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Southampton telah ditemukan bahwa mengkonsumsi 3-4 cangkir kopi sehari dapat memiliki manfaat kesehatan yang substansial. Pengurangan risiko penyakit hati, diabetes, demensia, dan beberapa bentuk kanker adalah beberapa manfaat utama yang dapat diperoleh dengan meminum 3 cangkir kopi sehari, sesuai penelitian.

Selain manfaat ini, studi yang didasarkan pada tinjauan lebih dari 200 studi lebih lanjut menyatakan bahwa minum kopi secara substansial dapat menurunkan risiko kematian dan penyakit jantung juga. Sementara itu, penelitian tersebut bahkan mengklaim bahwa peminum kopi lebih kecil kemungkinannya meninggal karena stroke. Berikut beberapa manfaat kesehatan dari mengonsumsi kopi dalam jumlah sedang atau 2-3 gelas sehari.

Baca juga: Girls Suka Minum Kopi? Lihat Dulu Nih 6 Pengaruh Kafein pada Wanita

1. Meningkatkan Energi

Ilustrasi (Shutterstock)

Kopi mengandung stimulan yang disebut kafein yang menghambat neurotransmitter penghambat di otak. Ini memberikan efek stimulan di sana dengan meningkatkan tingkat energi, suasana hati dan berbagai aspek fungsi otak.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi (Shutterstock)

Kopi mengandung mineral penting seperti magnesium dan kalium, yang membantu tubuh manusia menggunakan insulin, sehingga mengatur kadar gula darah dan mengurangi keinginan Anda untuk makanan manis dan camilan. Selain itu kopi mengandung kafein yang membantu memecah sel-sel lemak dan dengan demikian membantu penurunan berat badan.

3. Menurunkan Risiko Diabetes

Ilustrasi (Shutterstock)

Kafein yang terkandung dalam kopi membantu mengurangi risiko diabetes tipe-2. Kafein membantu mengurangi sensitivitas insulin dan merusak toleransi glukosa. Hal ini pada gilirannya membantu mengurangi risiko diabetes tipe-2.

Baca juga: Buat Kopimu Jadi Minuman Sehat dengan 5 Cara Ini

4. Membantu Melawan Depresi

Ilustrasi (Shutterstock)

Kopi mengandung kafein yang membantu merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan produksi neurotransmiter seperti serotonin, dopamin, dan noradrenalin, yang membantu memerangi depresi. Minum 2-3 cangkir kopi sehari membantu mengatasi depresi. Namun tetap, tidak boleh berlebihan.

5. Membantu Melawan Kanker

Ilustrasi (Shutterstock)

Kopi diseduh dari kacang yang kaya akan antioksidan. Minum sekitar 2-3 cangkir kopi sehari tampaknya memiliki efek perlindungan terhadap kanker. Beberapa penelitian yang dilakukan dalam hal ini telah menemukan bahwa konsumsi kopi secukupnya dapat membantu melawan kanker.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: