Pantau Flash
Anies Baswedan Perpanjang Tanggap Darurat Jakarta hingga 19 April
Positif COVID-19 Meningkat, 1.155 Kasus, 102 Meninggal, dan 59 Sembuh
Cegah Penyebaran Virus Korona, Menag Imbau Masyarakat Tidak Mudik
Seorang Dokter Positif Tertular Virus Korona dari Klaster Bima Arya
Presiden Prancis Ingatkan Italia Waspada Bantuan China dan Rusia

Minum Teh Hijau Secara Rutin Dapat Meningkatkan Kinerja Otak

Minum Teh Hijau Secara Rutin Dapat Meningkatkan Kinerja Otak Teh Hijau. (Foto: iStock)

Pantau.com - Penelitian terbaru yang dilakukan University Hospital of Basel di Swiss menyatakan, teh hijau tidak hanya bisa membantu melawan kanker, jantung dan diabetes tipe 2, tapi juga dapat meningkatkan fungsi kognitif otak, terutama kerja memori otak.

Temuan ini menunjukkan bahwa teh hijau bisa menjanjikan dalam upaya pengobatan gangguan kognitif yang terkait dengan gangguan neuropsikiatri seperti demensia.

Teh hijau yang asli dari Cina dan India, dihasilkan dari daun semak Camellia sinensis. Tidak seperti teh lainnya, teh hijau terbuat dari daun yang tak teroksidasi. Pengolahan minimal menjadikannya tetap kaya akan antioksidan.

Baca Juga: Catat, Ini Waktu yang Tepat Minum Teh Hijau

Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal Psychopharmacology, teh hijau bisa meningkatkan keterhubungan antara konteks parietal dan frontal otak.

Untuk sampai pada kesimpulan tersebut, para peneliti melibatkan 12 pria sehat yang rata-rata berusia 24 tahun.

Beberapa relawan diberi minuman yang mengandung 27,5 gram ekstrak teh hijau sementara relawan yang lain hanya mereka beri minuman ringan tanpa ekstrak teh hijau, hal tersebut dilakukan tanpa sepengetahuan mereka.

Para peneliti lalu meminta relawan melakukan serangkaian tugas yang berkaitan dengan kerja memori. Selama mengerjakan tugas, aktivitas otak mereka diukur menggunakan pencitraan resonansi magnetik (Magnetic Resonance Imaging).

Baca Juga: Teh Hijau Bisa Berbahaya Jika Dikonsumsi Secara Berlebihan

Hasil penelitian memperlihatkan orang yang mengonsumsi minuman ringan dengan ekstrak teh hijau menunjukkan peningkatan konektivitas antara lobulus parietalis superior bagian kanan dan korteks frontal otak.  Ini berkorelasi dengan peningkatan kinerja memori.

Pada akhirnya para peneliti berpendapat jika ekstrak teh hijau dapat meningkatkan konektivitas fungsional dari korteks parietal ke korteks frontal selama proses memori bekerja.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - ANU

Berita Terkait: