Pantau Flash
PSBB Bodebek Kembali Diperpanjang hingga 2 Juli 2020
Nihil Kasus Baru di 6 Provinsi, Positif COVID-19 di Indonesia 29.521 Kasus
PSBB di Kota Bekasi Diperpanjang hingga 2 Juli 2020
PSBB Masa Transisi, Gojek: Driver Dapat Layani Penumpang 8 Juni
Rapimnas Gerindra Minta Prabowo Kembali Pimpin Partai

Mundur dari Alibaba, Begini Kisah 'Kembaran' Jack Ma

Headline
Mundur dari Alibaba, Begini Kisah 'Kembaran' Jack Ma Fan Xiaoqin dan Jack Ma (Foto: Facebook/PeoplesDaily & Independent.co.uk)

Pantau.com - Dunia tengah digemparkan dengan mundurnya pendiri Alibaba, Jack Ma dari perusahaan raksasa e-commerce itu. Keputusan Ma sontak membuat publik kembali mengulik kehidupan pria berusia 54 tahun itu.

Selain kisah suksesnya, Ma memiliki keperawakan yang unik. Hal inilah yang membuat dirinya kerap dicarikan 'kembaran', hingga akhirnya Ma bertemu dengan seorang bocah yang wajahnya sangat mirip dengan Ma.

Anak lelaki itu bernama Fan Xiaoqin, seorang bocah miskin asal Jiangxi, Tiongkok. Ia menjadi populer setelah gambar dirinya viral di media sosial karena memiliki kemiripan dengan miliarder Tiongkok, Jack Ma.

Baca juga: Resmi Mengundurkan Diri, Ini 'Surat Cinta' Jack Ma untuk Pelanggan

Walau mirip, hidup bocah itu tak seindah Jack Ma. Dia hidup di bawah garis kemiskinan terutama setelah ibunya mengidap penyakit polio dan ayahnya kehilangan kedua kaki. Sementara nenek Fan Xiaoqin juga menderita penyakit alzheimer sehingga membuatnya harus membantu mengurusi kehidupan semua keluarganya.

Warganet yang tersentuh dengan kisah bocah itu, menyarankan Jack Ma untuk membantu Xiaoqin. Gayung pun bersambut. Ma yang mengakui kemiripan dirinya dengan sang bocah pun berjanji akan menyekolahkan bocah itu hingga ke jenjang kuliah.


(Foto: Facebook/PeoplesDaily)

Namun sayang, pihak Alibaba saat itu menyatakan bahwa perusahaan itu tidak akan mendanai pendidikan 'kembaran' Ma. Walau begitu, setelah pemberitaan mengenai dirinya yang terus menerus, banyak relawan lain yang datang untuk membantu Xiaoqin.

Baca juga: Pensiun dari Alibaba, Jack Ma Ingin Kembali Jadi Guru

Jack Ma sendiri bukan orang yang lahir dari keluarga kaya raya. Dirinya memulai karir dari nol, seperti menjadi seorang guru dan penerjemah. Bahkan Ma pernah mendapatkan penolakan saat bekerja di salah satu restoran cepat saji ternama di dunia.

Tim Pantau
Editor
Rifeni
Penulis
Rifeni