Optimus!Robot ‘Manusia’ Buatan Tesla, Bisa Dipesan Lima Tahun Lagi

Headline
Ilustrasi Robot Manusia 'Optimus' . Foto : (Twitter Tesla)

Pantau – Robot sudah mulai banyak menggantikan pekerjaan manusia, khususnya dalam bidang industri. Banyak pekerjaan yang semula dikerjakan manusia kini diambil alih oleh robot untuk agar bisa mengurangi beban operasional perusahaan.

Oleh karena itu Tesla sudah mengembangkan prototipe robot humanoid sejak Februari lalu. Prototipe tersebut yang diberi nama ‘Optimus’ dipamerkan pada Jumat (30/9). Menurut CEO Tesla, Elon Musk robot tersebut akan diproduksi massa dan dijual dengan harga perkiraan harga di bawah US$ 20.000 atau sekitar Rp 300 juta.

Elon Musk berharap Tesla akan siap menerima pesanan untuk robot dalam tiga hingga lima tahun ke depan. Dia optimis pengembangan produk robot humanoid ini akan menghasilan pendapatan yang lebih besar dari kendaraan listrik Tesla.

Robot humanoid tersebut akan diuji dengan bekerja di pabrik Tesla sebelum akhirnya diproduksi massal. Pengungkapan prototype ini merupakan bagian dari upaya Elon Musk untuk mengukuhkan Tesla sebagai pemimpin di bidang kecerdasan buatan, bukan hanya perusahaan pembuat mobil.

Seperti terlihat di media sosial Twitter perusahaan, Tesla memperlihatkan video bagaimana robot tersebut bisa melakukan tugas-tugas sederhana, seperti menyiram tanaman, membawa kotak, dan mengangkat batang logam saat diuji coba di Perusahaan Tanaman California.

Robot tersebut belum bisa berjalan sempurna. Namun Musk mengatakan, Optimus akan bisa berjalan sempurna dalam beberapa minggu.

“Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk menyempurnakan Optimus dan membuktikannya. Saya pikir Optimus akan menjadi luar biasa dalam lima atau 10 tahun, sepertinya akan menakjubkan,” ujar Musk seperti dikutip dari laman BBC.


Tim Pantau
Editor
Annisa Indri Lestari