Pantau Flash
Rupiah Ditutup Melemah di Level Rp13.887 per Dolar AS
Eks Presiden Mesir Hosni Mubarak Meninggal Dunia di Usia 91 Tahun
Akibat Korona, Luhut: Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bisa Tertunda
KPAI Bentuk Dewan Etik Dalami Polemik 'Wanita Bisa Hamil di Kolam Renang'
Jihad Islam Palestina Sepakati Gencatan Senjata dengan Israel di Jalur Gaza

Pakai Kacamata Saat Interview Meningkatkan Peluang Diterima Kerja

Pakai Kacamata Saat Interview Meningkatkan Peluang Diterima Kerja

Pantau.com - Pakaian yang rapi serta berjabat tangan dengan erat dari seorang pelamar kerja sudah umum diketahui akan memberi kesan positif bagi rekruitmen, namun masih ada satu lagi, yaitu penggunaan kaca mata.

Menurut suatu penelitian, para pencari kerja memiliki peluang yang lebih besar untuk diterima jika mereka mengenakan kaca mata saat wawancara kerja.

Baca Juga: 5 Tips Taklukkan HRD Saat Wawancara Kerja, Auto-Diterima

Studi tersebut dilakukan di College of Optometrists dan mendapati bahwa sepertiga responden mereka menganggap orang berkaca mata lebih profesional. 43 persen responden lainnya bahkan menganggap orang berkaca mata tampak lebih cerdas.

Sebanyak 40 responden dengan mata yang masih normal bersedia memakai kaca mata saat wawancara jika hal itu memperbesar peluang mereka diterima jadi karyawan.

Profesor psikologi dari Lancaster University, Cary Cooper, mengatakan "bukan hal yang mengejutkan jika dunia bisnis menginginkan pegawai yang cerdas, tapi anggapan bahwa orang cerdas adalah berkaca mata, itu stereotip lama yang belum juga pudar hingga sekarang."

Baca Juga: 5 Pertanyaan Penting yang Harus Dilontarkan Kepada Calon Pengasuh Anak

"Sebenarnya, kaca mata adalah petunjuk dari hal sebaliknya. Kalau penglihatan kamu sudah tak normal, kamu bisa gunakan lensa kontak." kata Cooper seperti dikutip Daily Mail.

"Mungkin saja orang lebih percaya diri dan prilakunya berubah saat mengenakan kaca mata, ini juga dapat memperbesar peluang mereka saat wawancara kerja".

Tim Pantau
Editor
Tatang Adhiwidharta
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam

Berita Terkait: