Pantau Flash
Jepang Jalani 'The New Normal' Usai Status Darurat COVID-19 Dicabut
Peneliti LIPI Prediksi Warga yang Kembali ke Jakarta Sedikit
Ketegangan AS- China buat Rupiah Melemah Rp14.755 per Dolar
Erick Thohir: 90 Persen BUMN Terdampak COVID-19
YLKI: Rencana Pembukaan Mal 5 Juni Terlalu Gegabah

Penelitian: Mendengarkan Musik Mengganggu Kinerja Secara Signifikan

Penelitian: Mendengarkan Musik Mengganggu Kinerja Secara Signifikan Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Sebagian orang butuh mendengarkan musik untuk hiburan dan meningkatkan mood, bahkan bisa juga memancing daya kreativitas. Tapi berdasarkan penelitian mendengarkan musik sambil mengerjakan tugas malah berujung pada merusak mood dan mengurangi tingkat kreativitas.

Baca juga: 'Gamers Addict' Sadar Diri Deh Sebelum Kesehatanmu Terancam

Diwartakan laman Independent, Jumat (1/3/2019) Psikolog dari Lancaster University, University of Central Lancashire dan University of Gavle Swedia meneliti pengaruh mendengarkan musik terhadap kemampuan seseorang menyelesakan tugas dibidang kreatif. Faktanya mereka menemukan musik malah menganggu kinerja secara signifikan.

Penelitian ini dilakukan dengan tiga percobaan yang dirancang untuk menguji kreativitas secara verbal seseorang. Diawali dengan 30 peserta dengan kisaran usia 19 hingga 30 tahun diberi tiga kata. Tiga kata itu kemudian mereka diminta untuk memikirkan satu kata yang bisa menghubungkan ketiganya.

Seperti contoh, peserta diberi kata dress, dial, dan flower, yang berarti satu kata yang bisa menyatukan ketiga kata itu adalah sun (matahari), sundress, sundial (matahari terbenam) dan sunflower (bunga matahari).

Perserta kemudian diminta menyelesaikan tugas dengan salah satu dari empat situasi yang berbeda, pertama situasi tenang, kedua di ruangan dengan ada alunan lagu bahasa asing, ketiga ruangan dengan musik instumental tanpa lirik, keempat ruangan dengan musik yang akrab ditelinga.

Hasil penelitian yang di terbitkan dalam jurnal Applied Cognitive Psychology ini menunjukkan bahwa menyelesaikan tugas sambil mendengarkan musik mengganggu proses kreativitas. Ini juga berlaku untuk semua jenis musik.

Baca juga: Jangan Pusing, Begini 5 Cara Menolong Si Fanatik Drakor

Para peneliti lalu menyimpulkan, ini terjadi lantaran musik mengganggu memori kerja verbal, yang membuatkan lebih sulit untuk memikirkan cara untuk menyatukan tiga kata yang diberikan kepada peserta sebagai tugas.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty

Berita Terkait: