Pantau Flash
Ditetapkan Sebagai Tersangka, Siscae Akui Lakukan Adegan Asusila di Sejumlah Wilayah di Yogyakarta
Ribuan Kader NU Berdoa untuk Sukseskan MotoGP Sirkuit Mandalika 2022
Presiden Jokowi Perintahkan Pengerahan Bantuan Kesehatan dan Logistik untuk Korban Erupsi Semeru
BPBD Lumajang Sebut Ribuan Orang Mengungsi dan Ratusan Orang Luka-Luka Akibat Erupsi Semeru
BMKG Keluarkan Peringatan Potensi Terjadi Banjir Rob di Pesisir Sulawesi Selatan Pada 5-7 Desember 2021

Penelitian: Orang Pelupa Cenderung Lebih Cerdas

Penelitian: Orang Pelupa Cenderung Lebih Cerdas Ilustrasi pelupa (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Apakah kamu pernah melupakan nama rekan kerja baru? Atau apakah kamu pernah pergi ke toko dan kemudian lupa untuk membeli barang yang ingin dibeli?

Jika itu sering terjadi, mungkin ada sesuatu yang tidak beres dengan memori kamu. Tetapi jangan khawatir, itu tidak berarti ada yang salah. Bahkan, justru sebaliknya!

Dilansir dari Newsner.com, para peneliti telah menerbitkan sebuah studi baru yang menunjukkan bahwa orang-orang yang pelupa sebenarnya lebih pintar daripada teman-teman mereka dengan daya ingat yang lebih baik.

Baca juga: Restoran Ini Punya Menu 'Ekstrem' Burger Isi Tarantula, Berani Coba?

Universitas Toronto di Kanada telah menemukan bahwa kecerdasan tidak ada hubungannya dengan seberapa banyak yang dapat diingat seseorang.

Biasanya, kami berpikir bahwa orang-orang yang dapat mengingat apa pun dari tabel perkalian sampai hari ulang tahun kerabat mereka cerdas, tetapi menjadi pelupa sebenarnya memiliki aplikasi praktis.

Ternyata dalam banyak kasus, memiliki pemahaman yang kuat tentang gambaran besar lebih baik untuk otak Anda dan keselamatan Anda daripada mempertahankan semua detail.

Mengingat setiap detail kecil tidak membuat kita pintar, seperti yang dilaporkan CNN.

Ini tentang menjaga apa yang penting di depan dan di tengah, sementara melepaskan yang lain. Ini mungkin lebih mudah dipahami jika kita melihat contoh seseorang yang lebih mengingat wajah daripada nama.

Baca juga: Pemilik Zodiak Ini Dikenal Sangat 'Membosankan'

Tentu saja, itu mungkin memalukan, tetapi jika kamu melihatnya dari sudut lain, itu sebenarnya tidak buruk.

Bayangkan kamu seekor singa di padang rumput yang harus mengawasi wilayah untuk bertahan hidup. Mengetahui apa itu ancaman dan apa yang tidak berbahaya lebih penting daripada mengingat secara detail apa yang ada di sekitar wilayah kamu.

Tetapi kecerdasan otak yang pelupa tidak berakhir di sana. Ini juga membantu kita memilah ingatan lama yang tidak lagi kita perlukan, jadi kita memiliki ruang untuk menambahkan yang baru, yang lebih penting.

Meskipun lebih baik untuk mengingat setiap detail dan juga memahami gambaran besar, namun untuk itu hanya sedikit orang yang dapat melakukannya. Namun, penelitian ini tidak berarti kamu harus melupakan semuanya sepanjang waktu. 

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty

Berita Terkait: