Pantau Flash
Arab Saudi Stop Umrah, Hidayat Nur Wahid: Baik Dilakukan untuk Cegah Korona
Lion Air Jemput 13.000 Jamaah Umrah Kembai ke Indonesia
Bank Indonesia Yakin Ekonomi Membaik di Semester II-2020
Lion Air Hentikan Sementara Penerbangan Umrah ke Arab Saudi
3 Induk Cabor Tanda Tangan MoU Dana Pelatnas 2020

Penelitian: Tak Butuh Waktu Lama untuk Jatuh Cinta pada Pandangan Pertama

Penelitian: Tak Butuh Waktu Lama untuk Jatuh Cinta pada Pandangan Pertama ilustrasi (foto: pixabay)

Pantau.com - Rasanya sulit mendefinisikan jatuh cinta. Setiap orang bisa saja merasakan jatuh cinta tanpa terencana atau bahkan menebak siapa yang akan membuatnya jatuh cinta. 

Meski begitu, penelitian menyebut ternyata rata-rata seseorang tidak membutuhkan waktu lama untuk bisa jatuh cinta pada pandangan pertama. 

Mengutip dari BBC, seseorang cukup butuh 90 detik hingga 4 menit rata-rata untuk jatuh cinta pada orang yang ditemuinya pertama kali.

Baca juga: Duh Deg-degan Nih, Efek Sedang Jatuh Cinta atau Penyakit Jantung Ya?

Terlepas dari keingian seksual atau mencari keuntungan semata, penelitian yang ditulis dalam Journal of Social Psychology itu mencoba memunculkan first impression atau kesan pertama pada dua orang yang tidak saling kenal dengan cara bertatapan mata.

Hal ini cukup sederhana namun memberi dampak begitu besar terhadap gejolak perasaan seseorang. Hormon endorfin akan dilepaskan ketika hal ini terjadi sehingga bisa meningkatkan ikatan batin yang kuat antara dua orang. 

Baca juga: Nostalgia Bikin Baper, Ini 5 Gaya Pacaran Anak Sekolah Tahun 90-an

Selain itu, penelitian juga menyebut bahwa pria lebih cepat jatuh cinta daripada perempuan. Juga pihak yang sering lebih dulu menyatakan perasaan.

Jadi, sebenarnya tidak dibutuhkan waktu lama untuk jatuh cinta pada seseorang. Meski tentu saja ada juga yang jatuh cinta karena terbiasa.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Lilis Varwati
Category
Ragam

Berita Terkait: