Pantau Flash
Satu Tahun Pandemi di RI, Kasus Positif COVID-19 Sudah Mencapai 1.347.026
Menristek Sebut Harga Vaksin Merah Putih Sekitar Rp70 Ribuan
Proses Identifikasi Korban SJ-182 Resmi Ditutup, 3 Penumpang Belum Teridentifikasi
Jokowi Akhirnya Cabut Perpres Izin Investasi Miras
Genap Satu Tahun Pandemi, 2 Kasus Mutasi COVID-19 Inggris Ditemukan di Indonesia

Penelitian Ungkap Bagian Paling Terkontaminasi Bakteri di Kabin Pesawat

Penelitian Ungkap Bagian Paling Terkontaminasi Bakteri di Kabin Pesawat Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Kemanapun kita pergi tentu kuman akan selalu mengintai dan menyerang, tak terkecuali di dalam kabin pesawat yang berada diatas ketinggian ribuan kaki diatas permukaan laut.

Baca juga: Jangan Dilakukan! Menahan Kentut di Depan Umum Berbahaya Loh

Seperti hasil penyelidikan pengawas konsumen Canadian Broadcasting Corporation (CBC) menyebut sandaran kepala di kursi dan kantung tempat menaruh buku dan barang-barang depan kursi sebagai tempat paling kotor di dalam kabin pesawat.

Setelah dilakukan tes, sandaran kursi memiliki hasil positif mengandung bakteri staphylococcus, E.coli, dan Hemolytic. Sedangkan kantung kursi mengandung jumlah aerobik yang tinggik, jamur, coliform, dan E.coli dari banyak sampel yang diuji.

Dijelaskan para ilmuwan kehadiran E.coli menandakan tempat terkontaminasi kotoran tinja, yang tentunya dapat menyebabkan infeksi usus, diare, muntah-muntah, hingga sakit perut.

"Saya cukup kagum masih ada pesawat yang memperhatikan kebersihan dari kuman-kuman ini. Tapi beberapa diantaranya cukup menakutkan karena masih ada," ujar Ahli mikrobiologi Keith Warriner dikutip Pantau.com pada laman Independent.

Diperkirakan tingginya kandungan bakteri karena para awak kabin yang tidak memiliki cukup waktu untuk membersihkan pesawat diantara padatnya penerbangan.

Tes ini dilakukan terhadap 18 penerbangan jarak pendek antara Ottawa dan Montreal, dengan menggaet tiga maskapai papan atas Air Canada, WestJet dan Porter, dengan waktu penerbangan yang bervariasi antara pagi, siang, dan malam.

Baca juga: Stres Tak Lagi Jadi Sumber Penyakit, Tapi Bisa Meningkatkan Kesehatan

Untuk memastikan sebanyak mungkin tempat di sudut pesawat, pemilihan kursi penumpang juga dipilih lebih dari 100 sampel diantaranya sabuk pengaman, meja nampan, sandaran kepala, kantung sandaran tangan, dan gagang pintu kamar mandi.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty

Berita Terkait: