Pantau Flash
Hak Asimilasi Napi yang Berulah Usai Dibebaskan Bakal Dicabut
Italia Berencana Perpanjang Lockdown hingga 3 Mei
FIFPro Ingatkan Ancaman Kesehatan Mental Pesepak Bola
3 BUMN Patungan Sediakan 80 Ribu APD untuk Rumah Sakit
Dari 256 Pasien Korona di Jatim, 63 di Antaranya Berhasil Sembuh

Penelitian Ungkap Orang Cenderung Cari Pasangan yang Punya Bau Badan Sama

Penelitian Ungkap Orang Cenderung Cari Pasangan yang Punya Bau Badan Sama Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa bau badan bisa jadi salah satu faktor seseorang memilih pasangan. 

Melansir dari Daily Mail, penelitian yang dipimpin oleh pakar evolusi perilaku dari Universitas Newcastle, Caroline Allen, mengambil sampel bau badan dari 30 pasangan heteroseksual dari Skotlandia yang semuanya telah menjalin hubungan romantis selama setidaknya enam bulan.

Pasangan itu berbagi sampel aroma tubuh selama dua hari berturut-turut. Hari pertama, seluruh pasangan diminta untuk tidak memakai deodoran yang biasa digunakan. Pada hari kedua, mereka diperbolehkan memakai deodoran dan wewangian lainnya.

Baca juga: Ini Dia 5 Fakta Seks yang Harus Kamu Tahu Bersama Pasangan

Selama penelitian, peserta diperintahkan untuk menghindari olahraga, makan makanan berbau kuat dan berbagi tempat tidur yang semuanya akan memiliki potensi untuk mengubah aroma mereka sendiri.

Para peneliti menemukan jika orang secara natural akan tertarik dengan lawan jenis yang memiliki bau badan serupa dengan diri sendiri.

"Hasil kami menunjukkan afinitas untuk mitra dengan bau yang sama," tulis Dr Allen dan rekan-rekannya dalam makalah penelitian tersebut.

Baca juga: Teman Bau Badan? Begini Cara Menegurnya Tanpa Bikin Sakit Hati

Para peneliti yang mempelajari ketertarikan merujuk pada preferensi untuk pasangan yang sama sebagai 'assortative'.

"Studi kami menunjukkan bahwa preferensi bau mengikuti aturan asortatif yang sama seperti yang telah ditunjukkan untuk banyak atribut mitra lainnya, termasuk sifat fisik seperti bentuk wajah," katanya.

Tapi hal itu tidak berlaku untuk sampel yang diambil setelah pasangan menggunakan deodoran beraroma. Hal ini menunjukkan bahwa bau alami tubuh kita adalah kuncinya. Aroma tubuh natural tetap lah yang menjadi sinyal utama untuk menarik lawan jenis.

Tim Pantau
Editor
Lilis Varwati
Penulis
Lilis Varwati

Berita Terkait: