Penghina Iriana Jokowi Ditangkap! Cek Faktanya

Headline
Seorang netizen mengunggah sebuah foto hasil tangkapan layar berita bahwa penghina Ibu Negara Iriana telah ditangkap. (turnbackhoax.id)Seorang netizen mengunggah sebuah foto hasil tangkapan layar berita bahwa penghina Ibu Negara Iriana telah ditangkap. (turnbackhoax.id)

Pantau – Akun Twitter dengan nama pengguna “SALLY07195073” mengunggah sebuah foto hasil tangkapan layar berita bahwa penghina Ibu Negara Iriana telah ditangkap.

Dalam foto juga terdapat narasi yang menyatakan bahwa penangkapan tersebut dilakukan setelah kedua putra Presiden Jokowi bereaksi terhadap kasus tersebut.

Narasi:

“MAMPUSS AKHIR NYA MSUK PRODEO JANGAN DI LEPAS”

Penjelasan

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir turnbackhoax.id, Kamis (24/11/2022), berita tersebut merupakan berita penangkapan penghina Iriana pada tahun 2017.

Dalam kasus tersebut, Gibran dan Kaesang selaku kedua putra Jokowi juga telah menyatakan bahwa mereka memaafkan pelaku.

Reaksi Gibran dan Kaesang yang menyampaikan ketidaksukaannya terjadi setelah kasus penghinaan yang dilakukan pada 17 November 2022 lalu. Lebih lanjut, pihak kepolisian masih belum menangkap pelaku penghinaan tersebut.

Dilansir Pantau.com, Kasubdit I Dittipidsiber Bareskrim Polri Kombes Reinhard Hutagaol mengungkapkan alasan belum dilanjutkannya pengusutan kasus tersebut karena belum adanya pelapor yang merasa dirugikan.

“Kasus foto itu Iriana itu kan artinya Pasal 27 ayat 3 UU ITE ya. Jadi memang harus ada pelapornya,” kata Reinhard saat dikonfirmasi pada Rabu (23/11/2022).

“Pelapornya gini, kalau dalam SKB 3 Menteri itu jadi harus ada pelapor langsung yang merasa dirugikan. Sampai sekarang belum ada kan,” sambungnya.

Kesimpulan

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna “SALLY07195073” tersebut dapat dikategorikan sebagai konteks yang salah/false context.

Baca juga: Terkuak Identitas Pelaku Pengolok-olok Iriana Jokowi Layaknya Pembantu Kemudian Minta Maaf

Tim Pantau
Editor
Aries Setiawan
Penulis
Aries Setiawan