Pantau Flash
Liga 1 2020 Dimulai, Wakil Presiden Harapkan Kompetisi Sehat
Siap-siap, Beli Ponsel di Atas Rp7 Juta dari Luar Negeri Wajib Daftar IMEI
Arab Saudi Stop Umrah, Hidayat Nur Wahid: Baik Dilakukan untuk Cegah Korona
Lion Air Jemput 13.000 Jamaah Umrah Kembai ke Indonesia
Bank Indonesia Yakin Ekonomi Membaik di Semester II-2020

Pentingkah Memakai Kacamata Khusus untuk Lindungi Mata dari Cahaya Biru?

Pentingkah Memakai Kacamata Khusus untuk Lindungi Mata dari Cahaya Biru? Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Belakangan ini muncul produk kacamata khusus yang diklaim bisa melindungi mata dari cahaya biru perangkat digital. Apakah dengan mengenakan produk tersebut bisa benar-benar berdampak positif pada kesehatan mata anda?

Baca juga: 5 Kebiasaan Sepele Sehari-hari Ini Ternyata Bikin Matamu Rusak

American Academy of Ophthalmology (AAO) seperti dilansir WebMd menyatakan Anda tidak membutuhkannya dan tidak merekomendasikan segala jenis kacamata khusus untuk pengguna komputer.

Cahaya biru dari perangkat digital tidak menyebabkan penyakit mata dan bahkan tidak menyebabkan kelelahan mata. Masalah yang dikeluhkan orang justru disebabkan terlalu sering menggunakan perangkat digital.

"Gejala-gejala ketegangan mata berhubungan dengan bagaimana kita menggunakan perangkat digital kita, bukan cahaya biru yang keluar darinya," kata AAO.

Di sisi lain, profesor bidang oftalmologi di Emory University, Susan Primo menuturkan, penelitian sejauh ini menunjukkan penggunaan digital yang berlebihan, bukan cahaya biru, yang menyebabkan masalah mata. Tetapi beberapa pasien yang memakai kacamata cahaya biru melaporkan lebih sedikit kelelahan mata.

"Jika Anda ingin memakainya dan menemukan beberapa manfaat, itu tidak masalah," kata dia.

Baca juga: Sebelum Percaya Mitos, Kenali Penyebab Terjadinya Kedutan Mata Kiri Bawah

Cahaya biru sebagian besar berasal dari matahari, namun perangkat digital seperti televisi, smartphone, laptop, dan tablet yang mengisi kehidupan modern saat ini, memancarkan cahaya yang lebih terang, lebih pendek panjang gelombangnya (lebih kebiru-biruan).

Sebuah survei tahun 2018 oleh Acuvue menemukan, pekerja kantor menghabiskan sekitar 6,5 jam sehari duduk di depan komputer mereka.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Category
Ragam

Berita Terkait: