Pantau Flash
MAKI Titipkan iPhone 11 ke KPK, Hadiah Sayembara Cari Nurhadi-Harun Masiku
WNI di Kapal Diamond Princess 'Kecewa' Jika Evakuasi Lewat Jalur Laut
Pesan BOPI untuk LIB: Jangan Ada Kericuhan di Liga 1 2020
Jelang Akhir Pekan Rupiah Melemah Rp13.760 per Dolar
Sebastian Vettel: SF1000 Jelas Lebih Meningkat Dibanding Tahun Lalu

Percaya Nggak Sih, 5 Makanan Pembawa Keberuntungan?

Percaya Nggak Sih, 5 Makanan Pembawa Keberuntungan? Ilustrasi anggur. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Mitos hingga kini masih dipercaya oleh sebagian masyarakat. Mitos yang ada bahkan bisa menjadi budaya sejak kita kecil. Mitos berkembang luas di masyarakat desa maupun perkotaan.

Ada beberapa mitos tentang makanan yang dipercaya mendatangkan keberuntungan jika memakannya. Terlepas dari percaya atau tidak, tradisi ini sudah begitu melekat pada wilayah setempat. Berikut 5 makanan yang dipercaya mendatangkan keberuntungan yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Anggur

Ilustrasi anggur. (Foto: Pixabay)

Di Spanyol dan Portugal, sejumlah orang akan memakan 12 buah anggur pada setiap malam pergantian tahun. Berdasarkan sebuah tradisi lama, setiap anggur yang dimakan mewakili bulan, dan keberuntungan pada tiap harinya akan sangat tergantung kepada rasa anggur yang mereka makan, baik itu asam maupun manis. 

Jadi, jika Anda memakan anggur keempat dan rasanya asam, maka bulan April akan menjadi bulan yang cukup berat bagi anda.

Baca juga: 5 Tips Mudah Buat Kamu yang Ingin Berhenti Merokok, Nomor 3 Gampang Banget!

2. Mie

Ilustrasi mie. (Foto: Pixabay)

Dalam budaya di Tiongkok, Jepang, dan beberapa negara Asia, mie menjadi simbol panjang umur bagi seseorang. Biasanya sejumlah orang memakan mie panjang pada perayaan tahun baru.

Konon kayanya, mie yang dimakan membuat harapan bagi umur yang panjang serta limpahan rejeki. Tetapi ingat, jangan sampai mie panjang tersebut terputus di tengah saat Anda memakannya.

3. Ikan

Ilustrasi olahan ikan. (Foto: Pixabay)

Sejumlah orang di Tiongkok memakan satu buah ikan kukus utuh sebagai simbolisasi dari hidup yang sehat dan panjang. Mereka juga berenang maju, yang melambangkan kemajuan. Untuk benar-benar menuai keberuntungan dan kesehatan, makanlah ikan utuh.

Di Polandia, mereka biasanya memakan ikan herring dan di Italia biasanya adalah ikan kod asin. Sedangkan, para warga Jerman memakan ikan karper untuk keberuntungan ganda, bahkan ada sebagian dari mereka yang menyimpan beberapa helai durinya di dalam dompetnya untuk kemakmuran.

Baca juga: Terungkap, Bukan Micin yang Buat Makanan Olahan Selalu Bikin Nagih

4. Delima

Ilustrasi buah delima. (Foto: Pixabay)

Buah ini adalah simbolisasi keberuntungan baik di Turki. Warna merahnya, mengartikan hati manusia, detak kehidupan dan kesuburan.

Sementara itu, di Yunani, masyarakatnya percaya memecahkan buah delima ke lantai teras saat tahun baru bisa membawa keberuntungan. Pecahan biji delima disimbolkan sebagai bening yang membawa kesejahteraan dan keberuntungan yang baik.

5. Kue Almond

Ilustrasi kue almond. (Foto: Pixabay)

Sangat tradisional bagi warga Swedia dan Norwegia untuk menyembunyikan kacang almond di dalam kue mereka. Resep ini dipercaya dapat membawa keberuntungan.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam

Berita Terkait: