Pantau Flash
Pasien Positif Virus Corona di Malaysia Bertambah Jadi Empat Orang
Kalah dari Wakil Inggris, Hafiz/Glo Jadi Runner-up Thailand Master 2020
Kanada Identifikasi Kasus Pertama Virus Corona
Persib Bandung Perpanjang Kontrak Omid Nazari Satu Musim
Hafiz/Gloria Rebut Tiket Final Thailand Masters 2020

Pernah Lihat Hantu? Ternyata Otakmu Disusupi 3 Hal Ini

Pernah Lihat Hantu? Ternyata Otakmu Disusupi 3 Hal Ini Ilustrasi hantu. (Foto: livescience)

Pantau.com - Dunia gaib selalu jadi topik yang menarik untuk dibahas karena menyimpan sebuah misteri. Apalagi soal hantu yang merupakan makhluk kasat mata kalau digambarkan begitu menyeramkan hingga membuat bulu kuduk berdiri.

Beberapa orang ada yang percaya dengan keberadaan hantu karena pernah melihatnya. Namun, tak sedikit juga tidak mempercayainya karena belum pernah melihat atau bertemu.

Kendati belum pernah melihat, rasa penasaran pasti bakal menyelimuti sobat Pantau. Lantas, banyak alasan kenapa seseorang bisa melihat hantu meskipun itu tidak sepenuhnya bisa dijelaskan oleh logika.

Baca juga: 5 Kisah Hantu Seram dari Penjuru Dunia, Indonesia Nggak Kalah Mengerikan

Namun, kalau dilihat dari kaca mata sains sebenarnya semua berasal otak. Pikiran yang kacau, stres, tubuh yang lelah bisa jadi penyebab bisa melihat makhluk halus.

Berikut Pantau.com rangkum 3 hal yang disusupi otakmu ketika melihat hantu seperti dikutip dari livescience.
1. Otak Keracunan Karbon Monoksida

Contoh karbon monoksida dalam otak. (Foto: Science Direct)

Menurut penelitian di Nature International Weekly Journal of Science tahun 2006, dijelaskan jika peristiwa melihat hantu bisa terjadi karena tingginya karbon monoksida yang masuk ke otak.

Kala otak keracunan karbon monoksida, kamu bakalan merasa pusing, lelah dan berhalusinasi. Jika lama-lama, kamu akan melihat hantu dalam bentuk tertentu, padahal tidak apa-apa di sana.

2. Stres Hingga Akibatkan Delusi

Ilustrasi delusi. (Foto: Mental Disorder)

Orang yang mengalami delusi sering memiliki pengalaman yang jauh dari kenyataan. Penderita ini biasanya meyakini hal-hal yang tidak nyata. Salah satu penyebabnya adalah stres yang berlebihan.

Nah, stres berlebihan inilah yang akan menyebabkan munculnya delusi hingga akhirnya membuatmu merasa melihat makhluk astral. Padahal kenyataannya tidak ada hantu sama sekali. Dalam kondisi tertentu, delusi memang bisa membuat seseorang berhalusinasi yang tidak-tidak.

Baca juga: 5 Tanda Kehadiran Hantu Paling Dasar yang Pasti Pernah Kamu Rasakan

3. Sugesti

Ilustrasi sugesti. (Foto: hypnoTC)

Sugesti ini muncul pertama-tama dari otak. Ketika otak mengeluarkan perintah, tubuh akan merespons. Sugesti dapat mempengaruhi apa yang dirasakannya.

Contohnya, ketika kamu sedang berjalan di malam hari, lalu muncul sugesti kalau di belakang ada hantu yang ngikutin, praktis tubuh akan merasa merinding.

Perlu diketahui, sugesti dapat mempengaruhi alam bawah sadar seseorang. Ketika bersugesti ada hantu, bisa saja kamu benar-benar melihat hantu. Padahal itu hanya ketakutanyang kamu ciptakan sendiri.

Tim Pantau
Editor
Kontributor - TAG
Penulis
Kontributor - RZS
Category
Ragam