Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy Penggemar Kokain, Cek Faktanya

Headline
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy disebut penggemar kokain. (turnbackhoax.id)Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy disebut penggemar kokain. (turnbackhoax.id)

Pantau – Beberapa waktu lalu beredar sebuah video tentang Presiden Ukraina, yaitu Volodymyr Zelenskyy yang mengemukakan pendapatnya terkait dengan narkoba jenis kokain. Zelenskyy disebut sebagai penggemar kokain.

Pada teks terjemahan video tersebut, Zelenskyy menyatakan kekagumannya terhadap kokain. Zelenskyy juga mengatakan bahwa setiap pagi ia menghirup kokain agar energinya terjaga hingga sore hari.

Penjelasan

Setelah melakukan penelusuran fakta, dilansir turnbackhoax.id, Jumat, 13 Mei 2022, teks terjemahan yang dimuat dalam video yang beredar tersebut merupakan teks terjemahan yang salah.

Melansir dari pravda.com.ua, video wawancara tersebut merupakan video yang diunggah oleh pravda.com.ua pada akun YouTube-nya di tanggal 20 Januari 2019.

Pada saat melakukan wawancara, di menit 07.35 Zelenskyy ditanya terkait dengan apakah ia menggunakan kokain atau tidak, namun Zelensky menjawab bahwa ia tidak menggunakan narkoba.

Ia menyatakan sangat menyukai kopi, sehingga ia selalu mencium bau kopi. Bahkan Zelenskyy juga menyatakan bahwa dirinya merupakan pecandu kopi.

Selain itu, melansir dari akun YouTube pravda.com.ua, yaitu Українська правда, pihak Українська правда menanggapi video yang beredar tersebut melalui salah satu unggahan yang diunggah oleh akun YouTube Українська правда.

Pada salah satu unggahannya, pihak Українська правда, menyatakan bahwa video terkait Volodymyr Zelenskyy diduga mengaku kecanduan kokain ialah salah, dan teks terjemahan dalam video tersebut merupakan hasil editan dengan menghubungkan teks terjemahan yang salah dengan konteks wawancaranya yang asli.

Kesimpulan

Berdasarkan pada seluruh referensi, informasi terkait Volodymyr Zelenskyy pecandu kokain adalah informasi salah dan masuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan.

Tim Pantau
Editor
Aries Setiawan
Penulis
Aries Setiawan