Pantau Flash
Cair H-10! Sri Mulyani Siapkan Rp30,6 Triliun untuk THR PNS
Muhammadiyah Minta Warga Tahan Diri Tak Mudik Lebaran
Eks Ketua Pengadaan Bakamla Didakwa Rugikan Negara Rp63,829 Miliar
KRI Nanggala-402 Hilang Kontak, Menhan Prabowo: Segera Modernisasi Alutsista 3 Matra
Update COVID-19 22 April: Kasus Positif Naik 6.243 dengan Total 1.626.812

Punya Masalah Bau Badan? Penyebabnya Mungkin 5 Makanan Ini

Punya Masalah Bau Badan? Penyebabnya Mungkin 5 Makanan Ini Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Bau badan adalah masalah yang dihadapi oleh banyak orang. Genetika, kebersihan pribadi, dan kesehatan secara keseluruhan juga dapat menjadi faktor penting untuk menentukan bau badan Anda. Keringat pada kulit Anda difermentasi oleh bakteri yang menciptakan bau khas pada kulit Anda.

Bau badan adalah masalah yang sangat memalukan yang perlu ditangani. Pada wanita bau badan mungkin disebabkan oleh stres dan menstruasi. Dikatakan juga bahwa penggunaan deodoran secara berlebihan juga bisa menjadi alasan bau badan. Sangat penting untuk menghilangkan bau badan agar dapat membangun kepercayaan diri.

Tahukah Anda bahwa mengonsumsi makanan tertentu menyebabkan bau badan tidak sedap? Dilansir Boldsky, ketahui dan kenali makanan-makanan ini yang menyebabkan bau badan Anda.

Baca juga: Tak Perlu Parfum, Makanan Ini Bisa Menghilangkan Bau Badan Tak Sedap

1. Brokoli, Kubis & Kembang Kol

Ilustrasi (Pixabay)

Makanan ini kaya akan sulfur yang bertanggung jawab atas bau badan. Setelah sayuran ini, belerang yang ada di dalamnya dipecah oleh tubuh menjadi senyawa kecil yang menyebabkan bau mentega tengik. Zat bau ini kemudian disekresikan ke dalam keringat hingga menimbulkan bau tak sedap.

2. Daging merah

Ilustrasi (Pixabay)

Asam amino yang ada dalam daging merah dipecah oleh enzim usus menjadi zat bau yang lebih kecil. Zat berbau busuk ini kemudian dikeluarkan melalui keringat dan menyebabkan bau badan.

3. Junk food

Ilustrasi (Pixabay)

Gula halus yang ada dalam junk food bertanggung jawab untuk menciptakan bau badan. Gula ini diekskresikan dalam keringat dan mengubah komposisinya. Ini bergabung dengan bakteri yang ada di keringat dan menyebabkan bau. Makanan ini juga menyebabkan bau badan yang tidak sedap.

Baca juga: Teman Bau Badan? Begini Cara Menegurnya Tanpa Bikin Sakit Hati

4. Ikan

Ilustrasi (Pixabay)

Ikan juga termasuk dalam daftar makanan yang menyebabkan bau badan. Zat kolin yang terdapat pada ikan salmon dan tuna memiliki bau amis alami. Kolin ini mungkin dikeluarkan dalam keringat selama lebih dari dua hari dan menimbulkan bau badan pada sebagian orang.

5. Makanan pedas

Ilustrasi (Pixabay)

Aroma rempah-rempah yang ditambahkan dalam makanan Anda tetap berada di pori-pori tubuh untuk waktu lama dan kemudian bergabung dengan keringat untuk menyebabkan bau badan. Tumbuhan dan rempah-rempah adalah makanan yang harus dihindari karena bau badan.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: